May 19, 2016

Memaknai Semangat Kebangkitan

Setiap orang pernah mangalami kegagalan. Orang bijak mengatakan kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. Seorang kyai bilang, Tuhan akan mengabulkan semua doa-doa manusia, hanya bagaimana Tuhan mengabulkan doa tersebut pemberiannya berbeda-beda, ada yang langsung diberi, akan diberi beberapa saat, atau menunggu lebih lama doa tersebut terkabul. Ketika doa yang kita panjatkan belum juga terkabul, buru-buru kita menyebut kegagalan dari usaha kita. Kegagalan adalah ketidaksesuaian hasil yang diinginkan dari serangkaian usaha yang kita lakukan. Itulah kegagalan.
Setiap usaha yang kita lakukan dengan pamrih tertentu, ketika mengalami ketidaksesuaian secara psikologis kita akan mengalami kekecewaan. Padahal, dalam hidup berapa kali kita harus mengalaminya. Pada dasarnya manusia itu mahluk yang bandel dalam arti positif, sering mengalami kekecewaan tapi tetapi menjalani hidup dengan baik. Beruntunglah kita sebagai manusia, coba mahluk lain, kecewa sekali sudah patah seperti benda-benda itu.
Berbicara kekecewaan dan kegagalan, ada momentum kebangkitan. Anak muda bilang move on, segera melupakan kegagalan dan secepatnya melakukan aktivitas yang lebih produktif. Kebangkitan yang dialami bangsa Indonesia adalah momentum untuk menginventarisasi potensi kekuatan yang ada yang selama ini bercerai-berai menjadi satu kekuatan utuh yang luar biasa. Bangsa kita pernah bercerai-berai dalam kepentingan masing-masing, keterceraian kita merupakan buah politik pemecahbelah penjajah. Ketika kita bersatu, maka pihak lain akan ciut nyalinya. Bukan hanya persoalan perang mengangkat senjata, tapi dalam segala hal. Banyak faktor yang menjadi sumber perpecahan, dari unsur agama, suku, bahasa, mata pencaharian, warna kulit, sampai persoalan sederhana semua berpotensi memecah persatuan diantara kita, tapi semangat persatua akan mengalahkan segalanya. Inilah semangat kebangkitan, yaitu menyadari keberagaman perbedaan yang dihadapi sebagai sebuah potensi mengembangkan kerja sama dan sisi positif yang lain.
Kebangkitan adalah sumbu untuk mendapatkan keberhasilan, karena kebangkitan adalah energi kreatif, dimana siapapun bisa mendapatkan ide-ide yang berseliweran sebagai suatu rencana yang tersusu secara terstruktur dan diharapkan menjadi aksi.
Kebangkitan inu milik kita, dengan cara apapun...

0 komentar:

Post a Comment

 
Free Host | new york lasik surgery | cpa website design