Apr 8, 2012

Lingkungan Hidup dalam Kajian Geografi Hewan


Lingkungan Hidup
Lingkungan itu tidak hanya menyangkut yang fisis atau lingkungan disekeliling organisme tunggal atau sekumpulan tetapi juga organisme lain yang ada dalam lingkungan itu. Bagian bumi kita ini yang mengandung organisme hidup disebut biosfera. Tempat dimana organisme itu hidup disebut habitat. Penyesuaian makhluk hidup terhadap lingkungan tempat hidupnya disebut adaptabilitas.
Hewan hanya bertahan hidup dalam lingkungan yang kondisinya sesuai atau baik. Kondisi lingkungan itu ditentukan oleh berbagai faktor. Ada dua faktor lingkungan yaitu lingkungan nonbiotik dan lingkungan abiotik (lingkungan fisis).

Lingkungan Abiotik (Lingkungan Fisis)
            Lingkungan fisis merupakan lingkungan yang berfungsi sebagai media hidup bagi makhluk hidup, dimana makhluk hidup dituntut lebih banyak untuk dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungan fisis (geographical adaptation). Upaya penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungan fisis, dapat menimbulkan perubahan bentuk dan sifat bagi makhluk hidup itu sendiri yang berlangsung dalam waktu yang lama (evolusi). Adapun jenis-jenis lingkungan abiotik itu adalah:
  1. Tanah sebagai tempat makhluk hidup itu berada.
  2. Udara sebagai tempat penyediaan oksigen, uap air, dan senyawa-senyawa udara lain yang diperlukan.
  3. Air sebagai tempat hidup makhluk air dan sebagai sarana metabolisme, katalisator, dan lain-lain.
  4. Temperatur yang berhubungan dengan kelembaban udara dan aktivitas metabolisme.
  5. Sinar matahari, sebagai sumber energi yang paling kompeten bagi kehidupan makhluk hidup, karena dengan sinar matahari itu memungkinkan bumi bisa dihuni oleh makhluk hidup.

Lingkungan Biotik
Lingkungan biotik adalah lingkungan bentuk kehidupan atau lingkungan hidup yang umumnya berhubungan langsung dengan suatu bentuk kehidupan lainnya. Dalam lingkungan biotik ini, makhluk hidup mengalami interaksi dan antaraksi secara timbal balik baik yang menguntungkan maupun merugikan. Hubungan hewan satu spesies yang hidup bermasyarakat terdapat dua jenis hubungan yaitu :
  1. Hubungan mitraspesifik, seperti: a) Reproduksi, b) Saling membantu, c) Persaingan untuk memperoleh makanan, d) Permusuhan terbatas
  2. Hubungan interspesifik, seperti: a) Persaingan untuk memperoleh makanan, b) Predator (pemangsa), c) Parasit, d) Simbiosis, e) Perbudakan.
Perubahan lingkungan yang tak sejalan., baik biotik maupun abiotik, akan menimbulkan terganggunya ekosistem sampai kehancuran ekosistem.

0 komentar:

Post a Comment

 
Free Host | new york lasik surgery | cpa website design