Apr 1, 2012

Bekerja dan Berkarya

Berapa jumlah pengangguran di Indonesia? paparan Direktur Tenaga Kerja dan Kesempatan Kerja Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Rahma Iryanti dalam diskusi Voices of Youth, Facing the Global Challenge on Youth Employment di Jakarta (27/3/2012) menyebutkan pengangguran terbuka (TPT) usia muda, 15-29 tahun, di Indonesia mencapai 19,9% atau tertinggi di kawasan Asia Pasifik. Posisi kedua ditempati Sri Lanka sebesar 19%, Filipina pada angka 17,9%, dan Selandia Baru sebesar 16,2%. "Meskipun TPT usia muda sudah menurun, jumlahnya masih besar, yakni 19,9% atau lebih dari 5,3 juta.
Angka-angka tersebut setidaknya menjadi penyadar bagi kita semua bahwa masih banyak pekerjaan rumah bagi pemerintah, khususnya kementerian tenaga kerja untuk menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Pekerjaan adalah prasyarat hidup layak. Kita semua tahu, betapa susahnya menjadi pengangguran.
Bagaimana bagi yang sudah bekerja. Tentu mereka menginginkan adanya peningkatan pendapatan dan kesejahteraan dari hasil kerja. Peningkatan pendapatan jika tidak disertai peningkatan kesejahteraan menjadi sia-sia, karena tujuan bekerja adalah hidup sejahtera.
Batasan hidup sejahtera sangat relatif, tergantung bagaimana seorang pekerja mensikapi kehidupannya, dan bagaimana mereka memandang pemenuhan kebutuhannya.  Maka tugas pemerintah adalah menghitung kriteria hidup layak minimal untuk dapat dihitung dan ditentukan secara rasional batasan hidup dikatakan layak.
Mereka yang sudah bekerja, pasti sangat bersyukur, karena dengan situasi sekarang ini, lapangan pekerjaan sangat terbatas. Apalagi jika outsourching masih diberlakukan, dimana jaminan pekerjaan tidak ada untuk periode atau tahun berikutnya jika kontrak kerja selesai.
Bekerja dan berkarya adalah impian setiap orang. Tidak ada individu pemalas di permukaan bumi, karena setiap orang punya cita-cita untuk hidup mandiri dan sejahtera, sehingga bekerja dan berkarya adalah langkah bijak memaknai pekerjaan yang telah diperoleh.

0 komentar:

Post a Comment

 
Free Host | new york lasik surgery | cpa website design