Oct 30, 2010

Sejumlah Desa Wisata Lereng Merapi Dinyatakan Musnah


Sejumlah Desa Wisata Lereng Merapi Dinyatakan Musnah

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah desa wisata di lereng Merapi, termasuk yang terparah Desa Wisata Kinahreja di Kecamatan Cangkringan, Sleman, dinyatakan musnah terkena awan panas Gunung Merapi, kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemenbudpar I Gusti Ngurah Putra.
I Gusti Ngurah Putra, di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Sabtu, menyatakan, di Kecamatan Cangkringan ada tiga desa wisata; Kinahrejo, Pentingsari, dan Umbulharjo.
Menurut Ngurah Putra, desa wisata Kinahrejo, yang paling dekat dengan gunung Merapi, musnah terkena terpaan awan panas ketika terjadi erupsi Merapi pada 26 Oktober sore.
"Sedangkan dua desa wisata lainnya selamat," katanya.
Desa Kinahrejo merupakan tempat tinggal Mbah Maridjan yang jaraknya diperkirakan hanya sekitar empat km dari puncak Gunung Merapi.
Menurut dia, laporan menyebutkan Desa Kinahrejo pada awal Oktober 2010 mendapat bantuan PNPM Pariwisata sebesar Rp60 juta dari Kemenbudpar.
Dana itu sesuai dengan usulan kelompok masyarakat di sana, sebagian atau Rp39 juta dibelikan perlengkapan untuk "homestay", antara lain berupa tempat tidur dan kasur, sedangkan sisanya Rp21 juta masih dalam kas bendahara desa.
"Semua fasilitas itu hancur, dan bendahara desa juga menjadi korban meninggal dunia," kata I Gusti Ngurah Putra, yang pada kesempatan yang sama mewakili Keluarga Besar Kemenbudpar menyampaikan turut berdukacita atas peristiwa tersebut.
Sebelumnya, program PNPM Pariwisata Kemenbudpar telah menyentuh tujuh desa di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, yakni di tiga desa di Kecamatan Cangkringan (Desa Kinahrejo, Desa Pentingsari, dan Desa Umbulharjo).
Dua desa lainnya di Kecamatan Pakem (Desa Purwobinangun/Turgo dan Desa Pakembinangun/Sambi), serta dua desa di Kecamatan Sleman (Desa Pajangan dan Desa Pandowoharjo/Brayut).
Warga di tiga desa wisata tersebut telah dievakuasi ke tempat penampungan, sementara harta benda warga desa Pentingsari dan Umbulharjo selamat dari musibah.

1 komentar:

rezza_mustagfiri said...

Nama :Rezza Mustagfiri
NIM :3201409080
Prodi :P.Geografi
Desa wisata dilereng merapi dinyatakan musnah.Hal tersebut dikarenakan arah perkembangan awan panas yang mengarah ke selatan seiring dengan runtuhnya geger baya.Hal tersebut patut diwaspadai dikarenakan aktivitas merapi yang kian meningkat

Post a Comment

 
Free Host | new york lasik surgery | cpa website design