Mar 16, 2010

Aktivitas Manusia dalam Ruang

A. Genre de vie dan tata geografis

Setiap kelompok masyarakat mencoba untuk menyesuaikan perkembangan lingkungan setempat. Penyesuaian tersebut merupakan implementasi akal budi atau budaya yang terus mengalami perkembangan. Untuk itulah satu masyarakat dengan masyarakat lain menunjukkan respon yang berbeda dalam mensikapi dinamika alam. Perbedaan tersebut juga menjadi penanda perbedaan tingkat budayanya. Adaptasi manusia terhadap lingkungan merupakan kemampuan manusia menyesuaikan diri terhadap setiap kondisi dan situasi lingkungan yang selalu berubah.
Wujud kebudayaan menurut Koentjaraningrat setidaknya meliputi 3 hal, yaitu gagasan atau ide, aktivitas, dan benda-benda. Wujud kebudayaan tersebut merupakan salah satu penanda respon manusia terhadap alam. Proses aktivitas mambentuk pola yang selalu terikat dengan ruang, yaitu permukaan bumi, baik di daratan maupun di lautan.
Respon utama manusia terhadap alam adalah dalam pemenuhan kebutuhan pokok, terutama kebutuhan pakan dan kebutuhan ekonomi lain, sehingga muncul istilah mata pencaharian atau gen re de vie. Jika diperhatikan, mata pencaharian tiap masyarakat berbeda. Tidak perlu membandingkan antar kelompok yang berjauhan, dalam satu kelompok saja banyak yang berbeda. Itu menunjukkan bahwa dalam perkembangan berikutnya respon manusia terhadap alam lebih bersifat personal, bukan komunal lagi.
Pada awalnya mata pencaharian sangat tergantung potensi sekitar tempat tinggalnya, dan dalam perkembangan berikutnya manusia semakin cerdas dalam menangkap potensi yang ada, sehingga mata pencaharian tidak tergantung sepenuhnya terhadap alam. Sejarah menunjukkan bahwa jenis mata pencaharian manusia membentuk segi tiga yang ujung runcingnya di bawah. Awalnya sederhana, dan meliputi bidang-bidang tertentu saja, kemudian terus berkembang jauh sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun demikian, pentahapan kehidupan manusia dalam hal mata pencarian tidak boleh dilupakan Adapun tahap-tahap kehidupan masyarakat yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi (fundamental occupation) sebagai berikut:
1. Berburu dan meramu
2. Pastoral / menggembala
3. Bertani
4. Pra ndustri
5. Masyarakat pertanian modern dan industry maju
Kegiatan tersebut semakin berkembang seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Bahkan kegiatan ekonomi sekarang sudah mengalami perubahan orientasi, yaitu dari kegiatan ekonomi berbasis sumber daya alam berubah menjadi sumberdaya berbasis kreatifitas yang dikenal juga dengan istilah ekonomi kreatif.

B. Bidang kegiatan ekonomi
Pada dasarnya, kegiatan ekonomi manusia dibedakan menjadi dua, yaitu kegiatan dalam rangka memenuhi kebutuhan sendiri (subsistence) dan kegiatan untuk memenuhi kebutuhan pasar (commercial). Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menyebut istial komersial untuk kegiatan yang dikaitan dengan keuntungan.
1. Aktivitas ekonomi subsisten
Merupakan aktivitas ekonomi yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sendiri. Aktivitas ini dikelompokkan menjadi 3, yaitu a) pengumpulan hasil alami atau gathering, b) penggembalaan atau herding, dan c) pertanian atau farming.
2. Aktivitas ekonomi komersial
Aktivitas ini muncul karena perbedaan hasil antara satu tempat dengan tempat lain. Perbedaan tersebut mendorong manusia melakukan pertukaran barang baik yang bersifat sederhana atau barter sampai kegiatan niaga modern dalam bentuk pasar ritel. Aktivitas ekonomi komersial meliputi a) pengumpulan atau gathering (fishing, hunting of wild animals, and forest gathering of wild plants), b) budidaya hayati atau bioculture (peternakan, pertanian, dan campuran), c) perpabrikan atau manufacturing (commercial gathering and commercial bioculture), d) transportasi dan perdagangan atau transportation and trade (commercial gathering, commercial bioculture, and manufacturing), e) dan pelayanan jasa atau services.
Aktivitas ekonomi yang dibangun manusia menunjukkan bahwa manusia adalah mahluk sosial, yaitu kehidupan yang berlangsung tidak bisa melepaskan diri dari orang lain, khususnya dalam pemenuhan kebutuhan hidupnya. Satu kelompok masyarakat membutuhkan kelompok lain karena kehidupan yang berlangsung membutuhkan kerja sama untuk bersama-sama memenuhi kebutuhan. Masyarakat yang tinggal di pesisir membutuhkan sayuran dari pegunungan, sebaliknya masyarakat pegunungan membutuhkan garam dari pesisir. Itulah kerja sama yang harmonis antar kelompok masyarakat.
Pengelompokan aktivitas ekonomi dapat juga didasarkan pada jenis kegiatan kaitannya dengan penting-dan tidaknya kegiatan tersebut. Aktivitas tersebut adalah:
  1. Kegiatan primer (primary activities) yang mencakup a) pertanian atau agriculture, b) pengambilan sumber daya alam atau resources extraction, c) perburuan atau hunting, perikanan atau fishing, dan e) pengumpulan atau gathering.
  2. Kegiatan sekunder (secondary activities), yaitu kegiatan yang mengolah, mengubah, dan merakit. Aktivitas ini meliputi a) manufacturing, b) fabricating, c) contructing.
  3. Kegiatan tersier (tertiary activities), merupakan kegiatan yang memberikan solusi atas kebutuhan orang lain yang meliputi perdagangan dan jasa.
  4. Kegiatan kwarter (quartenary activities), merupakan sector kegiatan yang bertumpu pada perkembangan iptek berbasis informasi. Kegiatan tersebut meliputi pelayanan informasi dan penelitian.
C. Infrastruktur
Manusia beraktivitas dan senantiasa bersentuhan dengan sesamanya, alam, maupun ruang. Dalam kegiatan sosial ekonomi, perlu didukung oleh sarana dan prasarana. Berdasarkan bentuknya, prasarana dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu berbentuk ruang dan bangunan (space) dan yang berbentuk jaringan. Prasarana berbentuk ruang baerupa a) perlindungan (rumah), b) pelayanan umum (birokrasi), c) kebudayaan berupa bangunan hasil budi daya manusia. Prasarana yang berbentuk jaringan berupa a) system pengangkutan, b) fasilitas umum, c) system pengairan, d) system komunikasi.

92 komentar:

kevin said...

Nama:Kevin cedi alessandro saputra
Nim:3201409037

Menurut saya,
Manusia adalah makhluk sosial yang hidupnya membutuhkan orang lain baik dalam memenuhi kebutuhannya maupun dalam berinteraksi dengan sesamanya. Dalam kegiatan produksi manusia telah menglami perkembangan dari dulu hingga kin.
1.primer 2.skuder 3.terier 4.quarter dan GOVERMENTAL AND INSTITUTION AKTIVITIS semuanya didukung transportasi dan komunikasi.

Nila Amallia said...

NAMA : NILA AMALLIA
NIM : 3201409014

Manusia adalah makhluk yang diciptakan mulia dan berbeda dengan makhluk lain.Manusia diberi akal budi dan kecerdasan untuk membuat kehidupannya semakin maju.Dapat dilihat melalui bukti sejarah bahwa manusia mengalami perkembangan yang signifikan dari awal(zaman prasejarah) hidup manusia hanya bergantung pada alam(berburu&meramu), sekarang ini manusia sudah hidup dengan teknologi yang terus diperbaharui. Semua ini tidak dijalani menusia secara individu melainkan mereka saling menopang satu dengan yang lain sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain.

Dwii said...

NAMA:DWI KURNUAWATI
NIM:3201409020

Untuk mempertahankan hidupnya manusia diberi anugerah yang oleh Tuhan yaitu mampu memanfaatkan lingkungan alam tempat tinggalnya.Hal itu dapat dibuktikan dari kemampuan manusia menyesuaikan diri terhadap kondisi dan situasi lingkungan alam yang selalu berubah.Sejarah telah membuktikan bahwa mata pencaharian manusia dari zaman dahulu memang sangat dipengaruhi oleh alam sekitarnya.Dan tentu saja dalam perkembangan berikutnya manusia semakin cerdas dengan potensi lainnya selain itu.Jadi,manusia dalam kehidupannya selalu berhubungan dengan sesamanya,alam dan ruang sehingga menghasilkan pola kegiatan yang tertata dengan baik.

Himmatul Amanah said...

NAMA : HIMMATUL AMANAH
NIM : 3201409097

Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang tidak akan pernah bisa lepas dari kegiatan ekonomi.Lebih jelasnya dalam geografi sosial, kegiatan manusiapun masih berhubungan untuk tetap melakukan kegiatan seperti mencari mata pencaharian demi kelangsungan hidupnya. kegiatan manusia dalam sejarahnya mengalami berbagai fase untuk pemanfaatan lingkungan, yang mana alam digunakan menjadi sumber kehidupan. Kegiatan ekonomi manusia juda betbeda-beda antara yang satu dan lainnya.Serta infrastruktur yang mempengaruhi manusia yang satu dan lainnya berbeda.

TATAN SETIAWAN said...

Nama : Tatan Setiawan
NIM : 3201409041
Aktivitas Manusia dalam Ruang, pada dasarnya merupakan respon manusia terhadap alam untuk pemenuhan kebutuhan pokok terutama pakan dan kebutuhan ekonomi lain sehingga munculah istilah mata pencaharian (gen re de vie). Dalam perkembangannya manusia semakin cerdas dalam melihat potensi lain, sehingga mata pencaharian tidak tergantung sepenuhnya terhadap alam. Karena kecerdasannya itulah manusia melakukan kegiatan ekonomi, dan dalam kegiatannya tersebut manusia memerlukan sarana dan prasarana.

Arief said...

Nama : Arief Budiman
NIM : 3201409036

Manusia dan alam merupakan dua unsur yang tidak bisa dipisahkan. Keduanya sama sama saling terkait satu sama lain. Manusia sebagai makhluk sosial memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhan hidup dan juga manusia menjaga alam agar tetap terjaga kelestariannya. Manusia bukan hanya menjalankan hidup dengan seperti itu saja tapi satu sama lain mereka menjalankan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhannya.

Agung Budi Raharjo said...

Nama : Agung Budi Raharjo
NIM : 3201409011
Prodi : Pendidikan Geografi

Manusia adalah makhluk sosial, dan selalu berusaha memenuhi kebutuhan jasmani maupun rohani, sesuai prioritas dalam aktivitas ekonominya. Dalam hal itu manusia dikendalikan oleh pranata sosial ekonomi. Dalam melakukan kegiatan sosial ekonomi terjadi pola organisasi sosial yang merupakan bagian penting dari kebudayaan.
Dan manusia terus barkembang dalam berfikir begitu pula dalam kagiatan perekonomian akan semakin barkembang pula.

abud punya said...

nama : Muhamad Lukman Hidayat
NIM : 3201409002
Prodi : Pend. Geografi

Manusia adalah makhluksosial, makhluk individual,dan makhluk ciptaan Allah, manusia beraktivitas untuk memenuhi kebutuhannya, dan kegiatan tersebut tidak lepas dari interaksi dengan manusia maupun makhluk lainnya. serta manusia dalam mndiami daerah tertentu akan menghasilkan beberapa budaya sebagai ciri mereka dalam mendiami daerah tersebut. dan budaya tersebut tentu berkaitan dengan aktivitas manusia dalam segala aspek, maka manusia merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan dalam melakukan suatu aktivitas dalam memenuhi kebutuhannya.

Retno Ristianingrum said...

Nama : Retno Ristianingrum
NIm : 3201409016

Manusia merupakan makhluk sosial yang di dalamnya terkandung ketergantungan antara individu yang satu dengan yang lain, dalam pemenuhan kebutuhannya juga memerlukan sesama.. baik kativitas yang didalamnya mengandung unsur ekonomi ataupun tidak.. Dalam melakukan kegiatan sosial ekonomi terjadi pola organisasi sosial yang merupakan bagian penting dari kebudayaan.

lella said...

Nama:Fuadiah Laillatul Fajri
Nim :3201409065

Pada dasarnya manusia melakukan aktifitas dalam ruang untuk beradaptasi dengan perkembangan lingkungan sekitarnya.Selain itu antara manusia dan alam saling memiliki keterkaitan satu sama lain,misalnya dalam pemenuhan kebutuhan pokok, terutama kebutuhan pakan dan kebutuhan ekonomi.Aktifitas manusia tidak lepas dari kegiatan ekonomi.Dalam melakukan kegiatan ekonomi tersebut manusia saling berhubungan dengan orang lain.Selain itu dengan semakin berkembangnya pengetahuan dan teknologi manusia harus bisa menyesuaikan diri dengan perubahan ekonomi yang terjadi.

tahmeth.blogspot.com said...

Tahmid fitrianto (3201408054)
manusia sangat berpengaruh dalam ruang yang ditermpati, tak khayal bentuk ruang yangh beragam selain faktor alamiah tetapi juga manusia sangat berpengariuh di dalamnya, contohnya saja ruang perkotaan sangat berbeda dengan ruang pedesaan, oleh karena itu hendaknya kita sebagai manusia yang bijak agar dapat mengolah ruang yang kita tinggali tanpa merusak lingkunghan...

Unknown said...

nama : tyas mahardhika
nim : 3201409027
manusia merupakan mahluk yang unik, selain sebagai mahluk individu manusia juga sebagai mahluk sosial.
manusia tidak dapat hidup tanpa bantuan dari orang lain dalam berbagai segia kehidupan, baik dalam melakukan kegiatan sehari-hari seperti kegiatan dalam bidang ekonomi, sosial maupun hal-hal yang berhubungan dengan lingkungan alam sekitarnya.

dwibudiariyanto said...

Nama:Dwi budi ariyanto
Nim :3201409071
Prodi:Pend geografi

Menurut saya dalam menanggapi kutipan di atas adalah Manusia itu adalah mahluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri,dalam hal memenuhi kebutuhannya manusia tidak luput dari lingkungan sekitar,dalam perkembangannya manusia mengalami kemajuan yang sangt bagus,yang tadinya berburu,dan sekarang sudah sampai industri modernpokokny intinya manusia hidup tanpa alam pasti akan mati begitu pula sebaliknya.trimakasih

ana said...

Nama : Yuhana Dwi Krisnawati
NIM : 3201409001
Memang aktivitas manusia dalam ruang tidak akan pernah lepas antara manusia satu dengan yang lain.Karena kodrat manusia sebagai makluk sosial.Manusia tidak mungkin bisa memenuhi segala kebutuhannya sendiri.Sebagai contoh untuk membuat suatu bangunan tempat tinggal(rumah)tidak mungkin dia mencari pasir, membuat semen ataupun membangun rumah itu sendiri,tapi pasti dibutuhkan tenaga tukang dan penjual bahan bangunan.Ini berarti memang antara manusia dengan sesama manusia serta alam itu tidak dapat terpisahkan.

Anisa Wahyu Kurniati said...

Nama : Anisa Wahyu Kurniati
NIM : 3201409032
Dalam aktifitasnya, manusia melakukan kegiatan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kebutuhan manusia misalnya kebutuhan pangan dan kebutuhan ekonomi. Hingga akhirnya muncul istilah mata pencaharian. Dan untuk membantu berjalannya semua itu dibutuhkan sarana dan prasarana yang mendukung.

Geografiana said...

Nama : Rifki Yusuf
NIM : 3201409034
Pada dasarnya manusia adalah mahkluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Manusia juga bergantung pada alam, misalnya untuk mencari makan. Kegiatan ekonomi mulai dikembangkan. Sarana dan prasarana dibutuhkan untuk menunjang berbagai kegiatan manusia.

Geografiana said...

Nama : Rifki Yusuf
NIM : 3201409034
Pada dasarnya manusia adalah mahkluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Manusia juga bergantung pada alam, misalnya untuk mencari makan. Kegiatan ekonomi mulai dikembangkan. Sarana dan prasarana dibutuhkan untuk menunjang berbagai kegiatan manusia.

KECAMATAN BATANGAN PATI said...

Nama : Suciati
NiM : 3201409017
Prodi : P. Geografi

Manusia adalah makhluk sosial,dan manusia selalu beraktivitas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Aktivitas tersebut antara lain 1.Aktivitas ekonomi subsisten 2. Aktivitas ekonomi komersial.Berdasarkan bentuknya, prasarana dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu berbentuk ruang dan bangunan (space) dan yang berbentuk jaringan.dan aktivitas manusia selalu di pengaruhi ruang atau tempat tinggal manusia.

fauzi kurnia said...

Nama :Fauzi Kurnianto
NIM :3201409018
Prodi :Pend.Geografi

Menurut saya,pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial.Yaitu makhluk yang tidak bisa hidup sendiri.Entah itu dengan sesama manusia ataupun dengan makhluk lain.Makhluk yang dibekali bekal untuk berfikir.Selain itu,manusia selalu beraktivitas memenuhi kebutuhannya.Salah satunya dalam bidang ekonomi.Dan saling berkaitan dengan manusia lain.Antara manusia dengan alam tidak bisa dipisahkan.Dalam kehidupannya,manusia bisa membuat keanekaragaman budaya.

asih said...

kurniasih
3201409033
pen. geografi
rombel (2)
menurut saya intinya manusia adalah mahkluk sosial yaitu saling membutuhkan antara manusia yang satu dengan manusia yang lain. hal tersebut juga karena dipengaruhi oleh faktor lingkungan atau keadaan alam yang berbeda-beda setiap daerahnya.misalnya daerah pegunungan dengan daerah pantai saling membutuhkan, dan kedua daerah tersebut mempunyai karakteristik daerah yang berbeda. misalkan daerah pantai masyarakatnya bermatapencaharian nelayan sehingga banyak ikan. sedangkan di daerah pegunungan penduduknya permatapencaharian petani sehingga banyak padi dan sayuran. hubungannya penduduk daerah pegunungan butuh ikan sebagai lauk untuk makan, sedangkan penduduk daerah pantai membutuhkan beras sebagai sumber tenaga serta sayur.

Unknown said...

Dewi Sugiarti
3201409056
manusia adalah makhluk dwi tunggal (sebagai pribadi dan juga makhluk sosial).manusia merupakan pribadi yang istimewa dari makhluk hidup lainnya karena manusia mempunyai kemampuan untuk berfikir.sebagai makhluk sosial, manusia dalam aktivitasnya memerlukan orang lain dan juga alam sekitar.kehidupan manusia tidak bisa lepas dari kegiatan ekonomi (produksi,distribusi,konsumsi).dengan kemampuannya manusia dapat mengembangkan kegiatan ekonomi menjadi semakin maju.

Unknown said...

nama:nur laily
nim:3201409012

manusia di ciptakan oleh Tuhan sebagai makhluk yang paling sempurna.manusia di beri cipta,rasa,dan karsa.dengan alam yang melimpah seperti sekarang ini manusia di anjurnya untuk mengolah sumber daya alam dan sumber daya manusia semaksimal mungkin.dan sekarang itulah yang dilakukan oleh manusia yaitu memanfaatkan apa yang ada.semua itu dapat di buktikan dengan di temukan alat-alat yang canggih yag di gunakan untuk mengolah SDA.

mohamad komarudin said...

Nama :Mohamad KOmarudin
NIM :3201409003
PENDIDIKAN GEOGRAFI

Salah satu makhluk yang diciptakan yang paling ber beda adlah manusia,karena manusia diciptakan dengan akal, manusia digolongkan sebagai makhlik sosial,yaitu membutuhkan manusia lain dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.Manusia hidup perlu makan untuk mempertahankan hidupnya,manusia dalam hal ini melakukan kegiatan ekonmi untuk melangsungkan hidupnya.Kebutuhan manusia ada yang harus dipenuhi yaitu kebutuhan primer,kebutuhan yang tidak harus dipenuhi yaitu kebutuhan sekunder,dan kebutuhan pelengkap yaitu kebutuhan tersier.

oktavia anggun said...

nama : oktavia anggun p
nim :3201409021
prodi : pend.geografi

menurut saya Selain sebagai mahluk pribadi, dalam diri manusia juga melekat hakekat tanggung jawab sebagai mahluk sosial. Sebagai mahluk sosial,manusia satu dengan yang lain saling membutuhkan, karena tidak ada pemenuhan kebutuhan hidup manusia dapat mereka penuhi sendiri, satu dengan yang lain saling bergantung. Manusia tidak hanya menjalankan hidup dengan seperti itu saja tapi satu sama lain mereka menjalankan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhannya.

rio n'way said...

nama : aji setya rio NC
nim : 3201409028

pada prinsipnya manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain. Dalam hal ini, tentunya dituntut adanya relasi antar sesama yang harmonis diantara semua pihak tersebut. Bagi seseorang yang telah memahami akan keberadaan dirinya tersebut ditengah-tengah masyarakat tentunya akan berperan aktiv dalam setiap kesempatan dalam rangka membangun relasi dengan sesama tersebut.
begitu pula dalam memenuhi kebutuhan ekonominya baik primer,sekunder maupun tersier.

yafiudin said...

Nama : nURUL lAILI yAFIUDIN
nim : 3201409042


manusia terlahir selain sebagai makhluk individu juga terlahir sebagai makhluk sosoial. makhluk sosial adalah makhluk yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain, artinya semua kegiatan manusia tidak lepas dari bantuan orang lain. semakin berkembangnya teknologi dari jaman dahulu hingga sekarang manusia sudah bisa mengolah apa yang ada di lingkungan sekitarnya dan juga dapat berorganisasi dengan baik dalam kehidupannya.

ika_np said...

Nama : Ika Novitavya P
NIM : 3201409048
Menurut saya, manusia mempunyai kemampuan untuk menyesuaikan diri terhadap setiap kondisi dan situasi lingkungan yang selalu berubah. salah satunya adalah dengan memenuhi kebutuhan sandang pangan papan atau sehari-hari dengan cara dengan mengolah hasil dari alam. seiring berjalannya waktu, manusia tidak hanya menggantungkan diri terhadap hasil alam, akan tetapi sudah mengalami perkembangan. dalam hal pemenuhan kebutuhan, manusia tidak dapat melakukannya sendiri. manusia membutuhkan interaksi dan timbal balik dari manusia lain, seperti barter. karena manusia merupakan makhluk sosial,yaitu makhluk yang tidak bisa hidup tanpa bantuan dari manusia lainnya terutama harus saling menguntungkan.

firdaus al haq said...

Nama : Firdaus Al Haq
Nim : 3201409031
Hampir semua tindakan manusia adalah kebudayaan, karena semua kebudayaan hasil fikir dan naluri (ide) manusia. Kebudayaan manusia mencakup semua unsur kehidupan seperti bahasa, organisasi sosial, kesenian, ilmu pengetahuan,hasil bangunan manusia, dan mata pencaharian. Semua unsure tersebut di pengaruhi oleh factor tempat atau ruang yang didiami olrh masyarakat tersebut.

DiAnA_nonAno said...

NAMA:DIANA INDRIASTUTI
NIM:3201409023

Adaptasi manusia terhadap lingkungan merupakan kemampuan manusia menyesuaikan diri terhadap setiap kondisi dan situasi lingkungan yang selalu berubah.Dalam perkembanganya manusia melalui beberapa tahapan misal dalam bidang ekonomi yaitu dari berburu sampai ke modern saat ini.Dalam aktivitasnya manusia membutuhkan manusia yang lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dalam suatu ruang atau space,dan manusia belajar dari alam untuk perkembangan hidupnya.

nur faizah said...

NAMA: NUR FAIZAH
NIM: 3201409061

Manusia sebagai makhlok sosial, sudah barang tentu mempunyai kemampuan untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar. dan manusia juga dapat menyesuaikan diri terhadap situasi dan kondisi alam sekitar yang mempunyai sifat selalu berubah. manusia tidak hanya hidup dalam sling bergantungan, tapi mereka juga menjalankan kegiatan/aktivitas ekonomi untuk memenuhi kebutuhannya. dan karena itu, perlu didukung pula oleh segala sarana dan pra sarana yang ada.

Layla fani said...

Nama: Layla Ramdhan Nurfasani
NIM: 3201409043

Manusia terlahir sebagai makhluk sosial,yang memiliki ketergantungan dengan manusia lainnya.manusia juga diberikan kemampuan untuk berinteraksi dan beradaptasi dengan lingkungannya. dalam interaksinya manusia menghasilkan kebudayaan. Dengan daya cipta yang dimilikinya,manusia dapat beradaptasi dengan perubahan, salah satunya muncul kegiatan ekonomi sebagai jalan untuk memenuhi kebutuhannya.

Bayu Wijayanto said...

NAMA : Bayu wijayanto
NIM : 301409079

manusia merupakan makhluk sosial yang berarti manusia hidup dengan seluruh kemampuannya untuk dapat berinteraksi dengan masyarakat sekitarnya.
termasuk dalam kegiatan ekonomi atau pemenuhan kebutuhan hidupnya.sehingga sarana dan prasarana untuk menunjang aktifitas ekonomi pun sanat dibutuhkan.

Unknown said...

Nama ; DEASY RS
NIM ;3201409054

Aktiftas manusia dlm rungan skrg sgt beragam,disesuaikan dg kebutuhan maupun keinginan...tp skrg lbh cnderung keinginan dan ini yg hrs dikendalikan dan difikirkan.Aktifitas ini kdg tdk mempertmbgkn keadaan alam. Dg meluasnya pemanfaatan alam scr besar2an saat ni sbaiknya qt kembali dan didasarkan pd kbudayaan,karena kebudayaan mengajarkan kearifan dg alam.

muhamad ruly haichal said...

Nama : muhamad ruly haichal halim
nim : 3201409035

manusia itu dari zaman ke zaman semakin berkembang dari zaman Berburu dan meramu, menggembala, Bertani, Pra ndustri, Masyarakat industri maju, semua itu bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup, dan bertahan hidup. sekarang manusia lebih mengutamakan kepentingan dirinya sendiri daripada kepentingan bersama, contoh illegaloging yang hanya menguntungkan sekalangan orang tapi merugikan semuanya

reckz_ said...

Nama:Reka Nur Afrian
NIM :3201409005

manusia merupakan mahluk ciptaan tuhan yang paling sempurna yang memiliki akal pikiran dan akal pikiran manusia akn trus berkembang sesuai dg perkembangan zaman.tp manusia mrpkn mhluk yg tk bsa hdup sndri,manusia btuh org laen dlam mnjalani hidup ini.slah satunya dlam kegiatan ekonomi.Manusia mlkukan kegiatan ekonomi untuk berthan hidup dan mensejahterakan hidupnya agr lbh baek lagi

fatma_dian said...

Nama : Dian Fatmawati
NIM : 3201409026
Prodi: Pend.Geografi


Menurut saya,pada intinya geografi sosial adalah ilmu yang mempelajari manusia dilihat dari segi sosialnya,serta hasil kebudayaannya. Hal itu dapat terlihat dari hasil kebudayaan dan cara bertahan hidup yang berbeda antar daerah,dan semakin meningkatkan peradaban mereka. Sesuai de3ngan tingkat pola pikir dan ilmu pengetahuan teknologi yang mererka kuasai. Sehingga meningkatkan peradaban mereka dan mensejahterakan mereka.

niLa said...

nama: nila puspitasari
nim: 3201409007

manusia adalah makhluk sosial dan makhluk individu. sehingga manusia tidak lepas dari manusia lainnya. beitu juga manusia dengan alam, untuk memenuhi kebutuhan pokok maupun ekonomi. manusia memerlukan alam untuk melangsungkan hidupnya, dan aktivitas manusia dalam ruang dipengaruhi oleh sarana prasarana untuk menunjang kesejahteraan manusia itu sendiri.

ana fauzia geo said...

NAMA : ANA NUR FAUZIYAH
NIM : 3201409004

Manusia diciptakan Tuhan sebagai makhluk individu dan makhluk sosial, jadi manusia tidak dapat hidup sendiri dan sangat membutuhkan dengan makhluk hidup lain dan lingkungan apalagi dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, baik itu kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Tidak mungkin manusia sanggup hidup sendiri, apabila itu terjadi manusia tersebut akan mati.

vitaa said...

Nama : Vita Nandiasari
NIM : 3201409044

Aspek lingkungan sosial meliputi permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan aktivitas manusia di dalam ruang, yang mencakup aktivitas sebagai mahluk sosial yang harus berinteraksi dengan yang lainnya, aktivitas ekonomi untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya , dan budayanya yang mencerminkan perkembangan kemampuan manusia berupa hasil pemikiran manusia dalam bentuk karya cipta.

Unknown said...

nama ;srilestari
nim ;3201409038
Menurud saya intinya manusia hidup adalah untuk mempersiakan hari berikutnya dengan lebih baik,dan mempertahankan apa yang di anggap baik tadi.kaitanya dengan geografi sosial adalah manusia dan cara bertahan hidupnya serta cara menuju ke kehidupan yang lebih baik adaklah suatu objek kajian dari geografi sosial.geografi sosial menjadi penting karena pada hakekatnya manusia adalah makluk yang dapat berkembang mrnurud peradabanya maupun wilayah topografi yang di diami

Ratna Dwi Setyowati said...

NAMA :RATNA DWI SETYOWATI
NIM :3201409006

Manusia adalah makhluk hidup yang bersosialisasi dengan makhluk lain dan alamnya.
Dialam manusia melakukan berbagai aktifitas untuk mempertahankan hidupnya, seperti mengumpulkan,berburu,memancing,bertani,berburu.
Dengan makhluk lain manusia melakukan kerjasama untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya, seperti melakukan barter dengan masyarakat di daerah lain untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan.

Ashlih said...

NAMA : ASHLIH FITRIANI
NIM : 3201409049

Pada dasarnya manusia tidak dapat hidup sendiri,apa lagi dalam memenuhi kebutuhan hidupnya,antara manusia yang satu dengan yang lain saling membutuhkan,aktivitas manusia juga bergantung pada alam sesuai kondisi topografi daerah tersebut.

rezza_item said...

Nama : REZZA MUSTAGFIRI
NIM : 3201409080
Prodi : Pend. Geografi
Tanggapan saya mengenai hal ini, dalam sistem sosial pastilah terkait dengan kelompok masyarakat. Kelompok masyarakat tersebut melakukan penyesuaian gena mengimplentasi budi atau budaya dalam perkembangannya. Hal itu dilakukan guna menandai peradaban budayanya.Sedangkan wujud dari hubungan itu sendiri meliputi: gagasan,aktivitas,dan benda.
Manusia merespon segala bentuk kegiatan terutama yang ada kaitannya dengan alam dan ekonomi.Kedua hal tersebut juga tidak lepas dari sarana infrastruktur.

Anonymous said...

Nama : M. MUHZAMZAM DIAR
NIM ; 3201409030

Pda dsarnya manusia adalah mahluk sosial yg tidak bisa hidup sendiri tanpa orang lain seperti hubungan antara pedagang dan pembeli. Hubungan mereka terjalin karena adanya sosialisasi atau hubungan timbal balik keduanya.

trie said...

Nama : TRI JUNIARUM
NIM : 3201409070
Prodi: Pend.Geografi
Adaptasi manusia pada lingkungan merupakan kemampuan manusia menyesuaikan diri terhadap situasi dan kondisi yang selalu berubah. Wujud kebudayaan meliputi 3 hal,yakni: gagasan/ide, aktivitas, dan benda-benada.Respon utama manusia terhadap alam dalam pemenuhan adalah dalam kebutuhan pokok. Kegiatan ekonomi manusia dibedakan menjadi 2, yakni: kegiatan dalam memenuhi kebutuhan sendiri, dan pemenuhan kebutuhan pasar.Kegiatan ekonomi perlu didukung sarana dan prasarana dalam beraktivitas.

Sukmawati_Anif said...

Dalam kegiatannya manusia selalu dipengaruhi moleh alam dan tentunya ruang dimana ia tinggal. Hal tersebut mau tidak mau tentu berpengaruh terhadap aktivitas manusia, baik itu budayanya atau ekonominya. Kan tetapi ruang dimana manusia tinggal tidak selamanya menyediakan apapun ia yag butuhkan dlm menunjang kehidupannya. Dulu hanya sebatas meramu bahan makanan dr alam, namun seiring dgn aktivitas yg kompleks dan dinamisasi dari manusia itu sendiri akhirnya mau tdk mau kegiatan ekonomi dan sosialnya mebuthkn penunjang sarana prasarana sehingga kebutuhan dimana ia tinggal yang belum tercukupi dpt tercukupi dgn alat atau tranportasi.
Anif Sukamwati
Rombel 2 geo sosial
NIM. 3201409086

Sri Nata Saputri said...

Nama : SRI NATA SAPUTRI
NIM : 3201409051
Prodi : Pend.Geografi

Manusia dilahirkan sebagai makhluk individu dan makhluk sosial. Pada dasarnya manusia sebagai makhluk individu juga tidak terlepas dari perannya sebagai makhluk sosial. Aktivitas manusia setiap hari membutuhkan bantuan dari berbagai pihak. Selain dari bantuan orang lain, manusia juga memerlukan bantuan dari alamnya. Untuj itu manusia perlu beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Manusia harus memahami tempat yang mereka diami. Sehingga alam pun dapat memberikan manfaatnya bagi manusia.

ME_RIEN said...

NAMA : MERIENA MUSTIKANING KUSSUSILO
NIM : 3201409063

Menurut pendapat saya, manusia adalah benda hidup yang mengandalkan situasi alam. Manusia harus mampu memahami lingkungan sosial budaya sebagai pemenuhan kebutuhan individualisnya serta kehidupan sosial di masyarakat yang selalu dinamis.Lingkungan sosial budaya terdiri dari pola interaksi antar budaya. Terdapat keterkaitan antara manusia dengan lingkungan sosial. Dewasa ini, manusia mengandalkan teknologi sebagai pemenuhan kebutuhan dibanding zaman dulu yang bergantung pada alam. Teknologi dapat digunakan manusia untuk memproduksi hasil alam.

3 I< 4 Ph said...

EKA PUJI HERYAWANTI
3201409052
Manusia adalah makhluk sosial dan individu dikatakan makhluk individu karena manusia memikirkan dirinya sendiri dalam rangka untuk mempertahankan dirinya sendiri dalam masyarakat dikatakan sebagai sebagai makhluk sosial karena manusia membutuhkan manusia lain dalam rangka mempertahankan kehidupanya. Kedua sifat manusia ini dipengarui oleh ruang atau region dalam lingkup ini manusia melakukan seluruh aktivitas yang dilakukanya.segala perubahan yang terjadi dalam ruang juga karena aktivitas pada manusia dan tanpa disadari manusia merupakan faktor penentu dalam kelestarian lingkungan atau selalu berhubungan dengan keruanganl.

Unknown said...

mifta nurjanah
3201409082
menurut saya manusia adalah mahluk sosial yang saling membutuhkan bantuan.Karena manusia adalah mahluk soial maka manusia juga memiliki pemikiran yang berbeda pula seperti dalam hal kebudayaan,dan juga karena pengaruh lingkungan sekitarnya yang membedakan pemikiran tentang budaya.Manusia pun membutuhkan sandang,papan dan pangan,untuk memenuhi kebutuhan itu manusia harus didukung sarana dan prasarana

Unknown said...

Zoenita Fitriani R
3201409083
Manusia merupakan mahluk sosial,namun dalam beberapa aspek mempunyai perbedaan dalam menanggapi budaya yang masuk dalam kehidupanya.alam berperan peting dalam pemenuhan kebutuhan manusia dikarenakan alam menyediakan segala sesuatu yang dibutuhkan manusia.dalam berkegiatan tersebut manusia membutuhkan alat bantu agarsemua kegitan yang dilakukan dapat selesai dengan mudah.

anhar said...

Nama : Ahmad Anhar
NIM : 3201409019
Prodi : Pend.Geografi

Manusia adalah mahluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan bantuan dari orang lain dalam segala aspek misalnya memenuhi kebuuhanya setiap hari kita membutuhkan orang lain, hal tersebut di mulai sejak manusia tersebut dilahirkan maka hal tersebut menuntut untuk berinteraksi / bersosialisasasi dengan lingkungannya. interaksi yang paling pertama yaitu manusia dengan keluarganya. no dua mausia dengan masyarakat dan teman bermain.

Unknown said...

Nama : Ambar Tri Hutami
NIM : 3201409029

Menurut pendapat saya, manusia dalam memenuhi kebutuhannya cenderung menyesuaikan dengan lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu dalam perkembangannya manusia dapat menciptakan budaya melalui proses peradaptasian mereka dengan lingkungannya. Contoh : adanya pemenuhan kebutuhan yang mengalami perkembangan, mulai dari primer, hingga kuarter:)

Unknown said...

NAMA : KHATAM PRASTYO HADI
NIM : 3201409009

Manusia adalah makhluk sosial yang hidup dalam suatu lingkungan,manusia harus dapat beradaptasi dengan lingkungannya agar mampu bertahan hidup dan dapat memenuhi kebutuhannya.
Manusia harus selalu menjaga lingkungan alamnya karena sebagian besar kebutuhan manusia itu didapat dari alam.

Andriyawan said...

Nama : Andriyawan
Nim : 3201409084

manusia dari dulu sampai sekarang selalu barusaha menyesuaikan diri dengan lingkungan, pada dasarnya manusia manusia melakukan penyesuaian untuk bartahan hidup, dengan cara memanfaatkan alam sampai barusaha sendiri, adapun tahap tahap kegiatan ekonomi, antaralain :Berburu dan meramu, Pastoral / menggembala, Bertani, Pra ndustri, Masyarakat pertanian modern dan industry maju. Kegiatan ini berkembang dengan seiring waktu dan perkembangan teknologi.

_sRie_ said...

Nama;Sri yuliani
nim:3201409068

Pada hakekatnya manusia merupakan makhluk individu sekaligus makhluk sosial.
Manusia selalu berusaha untuk beradaptasi untuk mempertahankan hidup,dengan berbagai cara.
Tahap tahap kegiatan ekonomi manusia meliputi:
tahap berburu & meramu,menggeembala,bertani,praindustri,pertanian modern dan industi maju

taufan said...

Nama : Ahmad Taufan ari Pratama
Nim : 3201409055

Manuasia dari dulu sudah ditakdirkan sebagai mahluk sosial yang memang sudah sewajarnya manusia saling berinteraksi, dan saling membutuhkan.Baik dengan sesama manusia ataupun dengan lingkungannya.Yang pertama kali manusia pasti berinteraksi dengan sesamanya karena pertama kali manusia hidup dalam lingkungan keluarga, baru kemudian dengan alam sekitar.Oleh karena itu manusia tidak bisa hidup sendiri.Mulai dari keluarga sampai dengan alam sekitar semuanya dibutuhkan dalam kehidupan manusia.

dinyomer said...

Wahono
3201409067
Pend.Geo

Menurut saya manusia adalah mahluk yang unik,manusia merupakan makhluk sosial yang di dalamnya terkandung ketergantungan antara individu yang satu dengan yang lain, dalam pemenuhan kebutuhannya juga memerlukan sesama contohnya dalam hal memenuhi kebutuhan,baik kebutuhan individu maupun kelompok.Di dalam memenuhi kebutuhan nya manusia melakukan kegiatan ekonomi.

kikik said...

Nama : Kiki Ari Cahyo P
NIM : 3201409075

Menurut saya, aktifitas manusia adalah semua kegiatan manusia selamanya hidupnya dalam lingkungan atau ruang yang mereka tempati. seperti ketika manusia hidup di dalam pasar maka aktifitas manusianya adalah jual beli barang,konsumsi,distribusi,produksi dan sebagainya.
Kita tidak bisa memungkiri bahwa manusia adalah mahluk sosial, jadi mereka membutuhkan aktifitas sebagai kebutuhan hidupnya.

Kurniawan P.A. said...

Nma : Kurniawan Puspito Aji
NIM : 3201409040
Manusia adalah makhluk sosial yang didalamnya terkandung ketergantungan anatara manusia satu dengan yang lain.Selain itu manusia juga sangat tergantung dengan alam dalam memenuhi kebutuhannya.
Seiring dengan waktu manusia berkembang dan beraktifitas secara kontinu dan embentuk suatu kebudayaan.

pepie said...

nama; nurya dwi saputra
nim; 3201409057

manusia adalah makhluk sosial, oleh sebab itu manusia tidak dapat hidup sendiri dalam memenuhi kebutuhannya. dalam memenuhi kebutuhan menusia di kelompokam nenjadi Kegiatan primer, Kegiatan sekunder,Kegiatan tersier,Kegiatan kwarter.kegiatan sosial ekonomi, perlu didukung oleh sarana dan prasarana. Berdasar bentuknya, prasarana dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu berbentuk ruang dan bangunan dan yang berbentuk jaringan

Unknown said...

menusia merupakan makhluk sosial, mereka membutuhkan keberadaan manusia lain di samping mereka. terdapat hubungan timbal balik yang sangat erat, manusia tidak dapat hidup sendiri tetapi di sisi lain manusia juga di sebut makhluk individu yang di maksud adalah manusia mempunyai keunikan dan ciri khas tersendiri, tiap manusia berbeda. lingkungan juga menjadi pengaruh dalam kehidupan manusia. kegiatan menusia beragam terdapat tukar menukar barang, bekerja, dll

Unknown said...

NAMA:DENI PUSPITA SARI
NIM: 3201409046

Manusia merupakan mahluk sosial saling membutuhkan satu sama lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, selain sebagai mahluk sosial manusia juga diciptakan sebagai mahluk individu yang mempunyai karakteristik sendiri yang berbeda dengan manusia lainnya.

modemoody said...

nama:moh zainudin
nim 3201409085

manusia adalalah makhluk sosial yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan hidup masing masing individu maupun kelompok.dan dalam interaksi tersebut terjadilah berbagai aktivitas.salah satunya adalah aktivitas ekonomi.yaitu segala aktivitas manusia untuk memenuhi kebutuhanya.dan hal itu sudah terjadi ber abad abad lamanya,baik dilakukan dengan cara barter sampai pembayaran lewat sms banking dan sebagainya seperti sekarang ini.

cuwunx said...

NAMA : Muhammad Adib Abdillah
nim : 3201409098

Menurut saya, pada hakekatya manusia adalah mahluk sosial yang tidak bisa hidup sndiri dan pasti membutuhkan sesamanya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. bahkan manusia juga membutuhkan mahluk lain seperti tumbuhan atau hewan (alam).

sjoekoer said...

Nama:Muhammad Syukur
Nim:3201409096
Rombel:1

Manusia pada dasarnya berbeda antara yang satu dengan yang lain.Hal ini menyebabkan keadaan ataupun pola interaksi sesama manusia juga berbeda.Perbedaan pola interaksi sekaligus lingkungan alam yang berbeda melahirkan berbagai karakteristik di segala bidang ,tak terkecuali pula masalah ekonomi di setiap tempt yang memiliki karakteristiknya masing-masing sehingga berakibat pada lahirnya sistem kebudayaan yang berciri khas sekaligus juga menghasilkan peradaban yang berbeda antara berbagai peradaban yang ada.

dikyJu said...

NAMA : DIKY JAYA S
NIM : 320140989



manusia pada hakikatnya terlahir dalam keadaan yang sama tetapi mereka mempunyai perbedaan satu sama lain. itu di karenakan adanya diferensiasi areal,budaya,ekonomi,sosial cultural, sehingga membentuk pribadi yang berbeda satusama lain baik dari gaya hidup, mata pencaharian,latar budaya,kehidupan sosial cultur mereka. tapi dari semua itu manusia juga terlahir menjadi mahluk sosial yang tidak akan mungjin lepas dari semuakegiatan sosial baik antara manusia ataupun manusia dengan lingkungan (geografi)

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
cipta adi said...

nama : cipta adi wijaya
nim : 3201409013

manusia memang tak perrnah dari semua itu dari memulai semuanya manusia memulai dari ide2 dan lalu mereka mul;ai m,elakukan ide tersebutb untuk mempertahankan hidupnya. misal untk mencari makan. selain itu manusia juga tidak bisa hidup tanpa orang lain.. karena manusia sebagai mahkluk sosoial...

agil dian said...

NAMA : agil dian prasetyo
NIM : 3201409015
manusia mempunyai sifat utama yaitu untuk beradaptasi dengan alam sekitar dan lingkungannya. manusia menyesuaikan dirinya dengan alam yaitu sebagai dasar untuk bertahan hidup. selain untuk bertahan hidup manusia juga mengembangkan untuk usaha perekonomiannya. semua segi kehidupan manusia di pengaruhi oleh alam. dari sektor sosial, perekonomian dan infrastruktur. manusia dengan alam merupakan hubungan yang tidak dapat dipisahkan. dan merupakan simbiosis multualisme

jaka cabby said...

nama : jaka budi a
nim : 3201409074

manusia itu harus saling membutuhkan 1 sama laen agar kebutuhannya tercapai...bisa dikatakan makhluk sosial..manusia juga membutuhkan alam untuk memenuhi kebutuhannya..dengan akal manusia alam bisa djadikan apapun yang manusia butuhkan..
alam juga membutuhkan manusia untuk dirawat agar alam itu tetap terjaga..alam dan manusia saling membutukan

Brahmantya Blog said...

NAMA : Brahmnatya himawan
NIM : 3201409072

menurut saya manusia memanglah mahluk sosial yang harus dan mungkin diwajibkan untuk berhubungan baik antar manusia dan alam juga dan untuk dapat beradaptasi antar alam juga antar manusia dan karena peradaban manusia yang makin lama makin maju maka mendorong manusia untuk bersosialisai dan berhubungan ekonomi

Unknown said...

Nama : Ahadiyah Ratnasari
NIM : 3201409092

Menurut saya manusia sebagai makhluk sosial tidak akan bisa lepas dari orang lain dan lingkungannya. Terutama dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Lingkungan baik alam dan manusia sekitar sangatlah berpengaruh. Seperti halnya pengaruh dalam hal ekonomi(mata pencaharian), kebudayaan, kebiasaan dan tingkahlakunya sehari-hari. Itulah sebabnya manusia tidak akan pernah dan tidak mungkin hidup sendiri tanpa oarang lain.

Unknown said...

NAMA:ANISA RISTIYANI
NIM:3201409060
PRODI:Pend.Geografi
Pada dasarnya manusia adalah mahluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri,melainkan membutuhkan bantuan sekitar termasuk lingkungan alam,dalam kehidupan sehari-hari manusia senantiasa memenuhi kebutuhannya sendiri dan juga memenuhi kebutuhan pasar atau ekomomi komersial,dlm kegiatan sosial ekonomi perlu di dukung darana dan prasarana untuk menunjang kegiatan ekonomi.

Rzka said...

nama:Riska istyas apriyani
nim :3201409069

Menurut saya,manusia merupakan makhluk sosial karena mereka tidak bisa hidup sendiri melainkan membutuhkan orang lain.
maka ada hubungan timbal balik.
manusia juga bisa disebut makhluk individu,setiap manusia memiliki keunikan dan khas tersendiri.
hal itu yang membedakan antara yang satu dengan lainya.
lingkungan dapat mempengaruhi kehidupan manusia.
manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya cenderung menyesuaikan dengan lingkungannya.

mymind08 said...

nama : M.yusuf
nim : 3201409094

Di dalam kehidupannya, manusia tidak hidup dalam kesendirian. Manusia memiliki keinginan untuk bersosialisasi dengan sesamanya. termasuk dalam pemenuhan ekonomi yang semakin hari semakin berkembang,sehingga sosialisasi manusiapun semakin maju.

nafigrafi said...

Akhmad Nafi' Maulana
3201408084

Manusia merupakan mahluk sosial, manusia tidak dapat hidup sendiri yanpa bantuan orang lain. Manusia juga mahluk individu yang memiliki keunikan tersendiri, sehingga dalam bersosialisasi antara keduanya akan mengalami perkembangan karena saling mempengaruhi. Dan kehidupan manusia tersebut baik bidang sosial, ekonomi, maupun budaya akan terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu, hingga menjadi peradaban maju seperti sekarang.

all about me said...

MURTADHO
3201409066

Setiap kelompok masyarakat mencoba untuk menyesuaikan perkembangan lingkungan setempat. Penyesuaian tersebut merupakan implementasi akan budi atau budaya yang terus mengalami perkembangan. Manusia beraktivitas dan senantiasa bersentuhan dengan sesamanya, alam, maupun ruang. Dalam kegiatan sosial ekonomi, perlu didukung oleh sarana dan prasarana.

Unknown said...

Indah Dwi Kusumawati
3201409091

Manusia berkembang menyesuaikan diri dengan linkungannya.Respon utama manusia terhadap alam adalah pemenuhan kebutuhan pokok.Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya terutama pangan,maka manusia mulai melakukan kegiatan ekonomi.Kegiatan ekonomi dilakukan dan disesuaiakan dengan tingkat penting atau tidaknya kegiatan ekonomi tersebut.Dalam melajsanakan kegiatan ekonomi maka dibutuhkan sarana dan prasarana guna mendukung interaksi pemenuhan kebutuhan.

De sogol said...

Alif Purwoko
3201409064
Adaptasi manusia terhadap lingkungan merupakan kemampuan manusia menyesuaikan diri terhadap setiap kondisi dan situasi lingkungan yang selalu berubah. kemudian pada dasarnya, kegiatan ekonomi manusia dibedakan menjadi dua, yaitu kegiatan dalam rangka memenuhi kebutuhan sendiri (subsistence) dan kegiatan untuk memenuhi kebutuhan pasar (commercial). Dalam kegiatan sosial ekonomi manusia perlu didukung oleh sarana dan prasarana

adheey said...

manusia merupakan makhluk individual juga makhluk sosial.ada kalanya manusia mampu memenuhi kebutuhannya sendiri namun manusia juga takkan mampu memenuhi kebutuhannya tanpa bantuan orang lain.alam dan manusia adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan,manusia perlu beradaptasi dengan ling,alam maupun sosial agar dapat bertahan hidup.

NAM : EKO ADI . S
NIM : 3201409050
PRODI : P.GEOGRAFI

is_nhaa said...

Nur Isnaini
3201409088

Salah satu kegiatan manusia dalam ruang adalah mengenai genre de vie atau dapat disebut dengan mata pencahariaan dan tentunya berhubungan dengan perekonomian. Pada saat ini, perekonomian yang sedang dikembangkan adalah perekonomian kreatif, salah satunya adalah industri kreatif. industri ini mencoba memadukan antara kreatifitas, ketrampilan, serta bakat individu untuk kesejahteraan dan menciptakan lapangan pekerjaan.

abenk said...

arif wicaksono
3201407049
manusia adalah mahluk yang mobaile hal ini dilakukan untuk memnuhi segala kebutuhanya. sehingga manusia membbutuhkan ruang agar segala kebutuhanya terpenuhi

taohid said...

NAMA :TAOHID AGUS PRANOTO
NIM : 3201409073
Dalam memenuhi kebutuhannya aktivitas manusia akan selalu bersentuhan dengan sesamanya,alam dan ruang.oleh karena itu dalam kegiatannya manusia selalu berdaptasi serta merespon terhadap alam dengan mengembangkan potensi alam dalam bentuk kegiatan ekonomi.dan dalam kegiatan tersebut manusia memerlukan sarana prasarana atau infrastuktur.

Unknown said...

nama : Teguh Afriyadi
NIM : 3201409087
manusia maerupkan makhluk paling sempurna di alam ini, manusia memiliki otak yang dapat di gunakan untuk berpikir, dan dengan pikiran dan segala kelebihan yang di miliki manusia harus bisa bekerja sama dengan manusia lain untuk bertahan hidup,serta mengembangkan kemampuan pribadi untuk mencapai kemajuan.

Unknown said...

nama : Yuspika Maharani
NIM : 3201409090

manusia adalah makhluk yang berbeda dengan makhluk lainnya karena memiliki akal pikiran.namun manusia merupakan makhluk sosial yang selalu membutuhkan makhluk lainnya.manusia juga tidak pernah lepas dari kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.alam pun dapat dimanfaatkan manusia untuk melakukan kegiatan ekonomi..

Dimaz said...

Nama : Dhimas Aries Prasetya
Nim : 3201409062

Manusia memerlukan kegiatan ekonomi untuk melakukan aktivitas hidupnya. dan salah satu faktor utamanya adalah alam, sehingga disini, manusia sangat bergantung pada alam sekitarnya untuk melakukaan aktivitasnya.

erny tri nurjayanti said...

NAMA:ERNY TRI NURJAYANTI
NIM:3201409025
PRODI:PEND.GEOGRAFI
Manusia tidak akan bisa lepas dari masalah ekonomi,karena manusia tidak akan pernah merasakan kepuasan atas apa yang telah dimilikinya. Dan manusia akan selalu membutuhkan manusia yang lain dalam hidupnya,artinya manusia tidak mungkin melakukan segala sesuatu sendirian,apabila manusia mengalami kesulitan pasti akan membutuhkan manusia lainnya.

Frendy said...

Nama: Frendy C.W.E
NIM: 3201409059
Pend Geografi


Salah satu makhluk yang diciptakan yang paling sempurna adalah manusia,manusia diciptakan dengan akal, manusia digolongkan sebagai makhlik sosial,yaitu membutuhkan manusia lain dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.Manusia hidup perlu makan untuk mempertahankan hidupnya,manusia dalam hal ini melakukan kegiatan ekonmi untuk melangsungkan hidupnya.Kebutuhan manusia ada yang harus dipenuhi yaitu kebutuhan primer,kebutuhan yang tidak harus dipenuhi yaitu kebutuhan sekunder,dan kebutuhan pelengkap yaitu kebutuhan tersier.

Anonymous said...

Aku mau nanya donk???
Dalam ilmu geografi, apa2 saja pola bertahan hidup (untuk manusia mempertahankan kehidupan di muka bumi?itu?
aq pernah dengar ada 3 tp aq lupa...
Mkasi sebelumnya...

Unknown said...

Manusia adalah makhluk yang di ciptkn paling semprna karena manusia mempunyaii akal untuk berfikir , d smping itu, hakikat manusia adalah makluk sosial yaitu mnusia tdk bisa hdup sndiri , manusia pasti mmbtuh org lain , mka dgn akal itu mnusia d suruh ntuk berfikir bgaimna ia dapat mprthan kan hdup ny sehingga dgn kata lain mnusia mmbtuhkn bantuin org lain dlm mmnuhi kbutuhan kbuthan ny itu , enth dari bgian apa dan apa

Unknown said...

Manusia




Post a Comment

 
Free Host | new york lasik surgery | cpa website design