May 13, 2016

Beratnya Mengembalikan Motivasi

Senior saya di Fakultas Ilmu Sosial Unnes mengingatkan kepada saya dengan membuat perimpamaan bahwa besi akan mudah ditempa jika kondisinya tetap terjaga panas. Kurang lebihnya maksudnya begini, bahwa untuk menyelesaikan pekerjaan, diperlukan situasi yang betul-betul mendukung, salah satunya adalah motivasi. Mumpung masih bersemangat, selesaikanlah, sebab kalau sudah tidak bersemangat, akan sangat berat.
Peringatan itu saya terima seperti tamparan. Betapa tidak, saat itu saya betul-betul merasakan kemalasan yang luar biasa untuk menyelesaikan tugas akhir kuliah saya dengan berbagai alasan. Harus saya akui, motivasi saya untuk menyelesaikan tugas akhir kuliah sedang mencapai titik terendah, sehingga ogah-ogahan menyelesaikan tugas penting tersebut. Motivasi saya hilang entah kemana, mungkin karena saya merasa nyaman dengan aktivitas sehari-hari saya, atau faktor lain yang memperparah kondisi tersebut.
Memang betul, mumpung masih ada semangat, maka teruslah menyelesaikan tugas-tugas penting. Menunggu dan terus menunggu dengan berbagai alasan akan merepotkan kita, karena besi dalam kondisi dingin akan sulit ditempa. Kalau sudah terlanjur malas, berbahaya...
Diperlukan tamparan memang untuk membangun motivasi, akan terasa sakit memang tamparan tersebut, tapi itu akan lebih baik jika kita tetap memelihara kemalasan. Besi yang sudah terlanjur dingin perlu dipanaskan kembali agar mudah ditempa.
Saya terkadang iri namun lebih banyak takjub dengan teman-teman saya yang selalu enerjik menjaga panas motivasinya. Mereka selalu sibuk berkaitan dengan tugas-tugasnya, sehingga mungkin itulah yang dimaksudkan sebagai situasi besi yang selalu panas, sehingga progres tugas-tugasnya selalu ada.
Mengembalikan motivasi sangat sulit kurasakan, maka salah satu caranya adalah menampar diri saya sendiri. Sebab, tamparan itu, setidaknya akan menghangatkan motivasi, dan secara perlahan akan membakarnya. Inilah....beratnya mengembalikan motivasi

0 komentar:

Post a Comment

 
Free Host | new york lasik surgery | cpa website design