Apr 5, 2011

Sumber Daya Alam

Nafsu manusia paling besar adalah memenuhi kebutuhan, bahkan lebih dari itu manusia senantiasa mencari kepuasan yang tidak ada batasnya. Untuk itu manusia berupaya semaksimal mungkin dalam memenuhi setiap kebutuhan (dan keinginannya) dengan cara paling tradisional sampai paling kotemporer. Cara paling tradisional adalah memanfaatkan alam, dalam hal ini adalah sumber daya alam. Sumber daya adalah penyedia paling setia dan patuh dalam memenuhi nafsu besar manusia karena sumber daya alam mempunyai kemampuan dalam menyediakan, dan menunjang kebutuhan manusia.
Sumber daya adalah segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang dan membantu aktivitas manusia. Hagget (1983) mendefinisikan sumber daya sebagai sejumlah komponen material dari lingkungan, yang nmeliputi masa dan energy, benda biologis dan non biologis, dapat ditetapkan sebagai keseluruhan persediaan (total stock). Adapun sumber daya alam dapat didefinisikan sebagai segala yang ada di bumi yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk mencapai kesejahteraan. Sumber daya alam adalah semua unsure tata lingkungan biofisik yang dengan nyata atau potensial dapat memenuhi kebutuhan manusia. Sumber daya alam dapat dikelompokkkan dalam beberapa katagori:
  1. Berdasarkan kelestariannya dapat dibedakan menjadi sumber daya alam yang dapat dilestarikan dan sumber daya alam yang tidak dapat dilestarikan.
    Berdasarkan letaknya dapat dibedakan sumber daya alam yang letaknya di darat dan sumber daya alam yang letaknya di perairan.
    Berdasarkan sifatnya dibedakan menjadi sumber daya alam yang bersifat ekonomis dan sumber daya alam yang non ekonomis.
Masih ada kemungkina lain dalam megkatagorikan sumber daya alam, dan itu sah-sah saja, karena ilmu pengetahuan terus mengalami dinamika akibat proses komunikasi dan factor-faktor pendorong perubahan.Pada kondisi inilah, manusia melakukan kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan hidupnya, maka interaksi intensif berlangsung. Manusia memang tidak dapat dipisahkan dengan lingkungan sekitar. Lingkungan dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:
  1. Lingkungan alamiah (natural), yaitu lingkungan yang masih menunjukkan sesuatu yang bersifat alami, seperti hutan, perairan sungai, danau, maupun kehidupan karang di laut.
  2. Lingkungan buatan (fisik), yaitu lingkungan yang muncul sebagai akibat perbuatan manusia, seperti kawasan pemukiman, kompleks perkantoran, jembatan, dan jalan raya.
  3. Lingkungan manusia, yaitu hubungan timbale balik antar manusia yang menghasilkan pola kehidupan yang seimbang, dan dinamis.
Berbicara tentang lingkungan, maka tidak lengkap kalau kita meninggalkan lingkungan hidup. Lingkungan hidup adalah keadaan/kondisi yang melingkupi suatu mahluk hidup Keseluruhan keadaan yang meliputi suatu mahluk hidup atau sekumpulan mahluk hidup, terutama:
  1. Kombinasi dari berbagai kondisi fisik di luar mahluk hidup yang mempengaruhi pertumbuhan, perkembangan dan kemampuan mahluk hidup untuk bertahan hidup.
  2. Gabungan dari kondisi sosial budayabudaya yang berpengaruh pada keadaan suatu individu mahluk hidup atau suatu perkumpulan/komunitas mahluk hidup.
Lingkungan hidup bagi bangsa Indonesia tidak lain merupakan Wawasan Nusantara, yang menempati posisi silang antara dua benua dan dua samudera dengan iklim tropis dan cuaca serta musim yang memberikan kondisi alamiah dan kedudukan dengan peranan strategis yang tinggi nilainya, tempat bangsa Indonesia menyelenggarakan kehidupan bernegara dalam segala aspeknya. Ruang lingkup lingkungan hidup Indonesia meliputi ruang, tempat Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ber-Wawasan Nusantara dalam melaksanakan kedaulatan, hak berdaulat, dan yurisdiksinya.
Menurut UU Nomor 23 Tahun 1997, lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.
Indonesia sendiri terikat dengan persetujuan internasional tentang lingkungan hidup. Indonesia termasuk dalam perjanjian: biodiversitas, perubahan iklim, desertifikasi, spesies yang terancam, sampah berbahaya, hukum laut, larangan ujicoba nuklir, perlindungan lapisan ozon, polusi kapal, perkayuan tropis 83, perkayuan tropis 94, dataran basah, perubahan iklim - protokol kyoto (UU 17/2004), perlindungan kehidupan laut (1958) dengan UU 19/1961.
Masalah lingkungan hidup di Indonesia setidaknya berwujud bahaya alam yang terdiri dari banjir, kemarau panjang, tsunami, gempa bumi, gunung berapi, kebakaran hutan, gunung lumpur, tanah longsor. Adapun masalah lingkungan hidup aktual adalah:
  1. Penebangan hutan secara liar
  2. Polusi air dari limbah industri dan pertambangan
  3. Polusi udara
  4. Asap dan kabut dari kebakaran hutan
  5. Kebakaran hutan permanen
  6. Perambahan suaka alam/suaka margasatwa
  7. Perburuan liar
  8. Perdagangan dan pembasmian hewan liar yang dilindungi
  9. Penghancuran terumbu karang
  10. Pembuangan sampah B3/radioaktif
  11. Pembuangan sampah tanpa pemisahan/pengolahan
  12. Semburan lumpur liar di Sidoarjo
Hubungan manusia dengan lingkungan semakin ekstensif. Dampaknya tentu dapat dirasakan oleh hamper seluruh masyarakat. Mestinya perlu ada pengendalian. Sebab jika tidak ada pengendalian, dampaknya tentu semakin meluas. Dengan sifat serakahnya manusia terus memenuhi hasrat nafsunya, termasuk membabat hutan. Data dari greenomic (Kompas tanggal 7 Mei 2008 menunjukkan data perubahan alih fungsi hutan hutan secara ilegal adalah:
1.     Riau        : 143 000 Ha
2.     NAD      : 160 000 Ha
3.     Kalbar    : 286 000 Ha
4.     Kalteng   : 225 000 Ha
Luas tersebut setara dengan 158 kali luas Singapura. Kerugian langsung dari alih fungsi hutan selama 10 tahun terakhir tersebut senilai Rp. 170, 2 triliun. Adapun kerugian tidak langsung senilai Rp. 320,6 triliun. Kerugian langsung dihitung dari: potensi sumber kayu, produksi kehutanan non kayu, dan keanekaragaman non hayati yang hilang. Kerugian tidak langsung dihitung dari : hilangnya sumber air, potensi longsor, dan bencana alam lain akibat alih fungsi hutan.

0 komentar:

Post a Comment

 
Free Host | new york lasik surgery | cpa website design