Oct 16, 2010

Materi Pelajaran Geografi SMA Keliru

Selasa, 21 September 2010 | 03:59 WIB
 
YOGYAKARTA, KOMPAS - Materi pada buku pelajaran Geografi SMA ditemukan mengandung sejumlah kekeliruan mendasar. Kekeliruan itu, di antaranya, berbagai penjelasan istilah kebumian yang kurang tepat.
”Misalnya saja istilah-istilah lava, lahar, dan magma yang tidak jelas bedanya. Padahal, masing-masing istilah ini punya pengertian berbeda. Lalu, ada ketidaktepatan pada penjelasan mengenai minyak bumi,” kata pakar geologi dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Dwikorita Karnawati, seusai Pembukaan Olimpiade Internasional Kebumian International Earth Science Olympiad (IESO) ke-4 di Gedung Kepatihan Yogyakarta, Senin (20/9). Kegiatan itu diikuti peserta dari 19 negara.
Kekeliruan-kekeliruan tersebut perlu diluruskan karena dapat mengaburkan pemahaman pelajar mengenai ilmu kebumian. Menurut Dwikorita, berbagai kekeliruan itu ditemukan anggota Ikatan Ahli Geologi Indonesia saat memberikan pelatihan pembelajaran kebumian dan kebencanaan kepada guru-guru.
Lebih lanjut dikatakan, kekeliruan materi terjadi hingga tingkat kunci jawaban pada ujian dan tes-tes di sekolah. Hal itu karena soal-soal Geografi dibuat mengacu pada materi di buku-buku tersebut.
Selama ini, kata Dwikorita, sasaran pelajaran Geografi juga belum jelas. Pelajaran baru sebatas penyampaian informasi kebumian, tetapi belum membentuk kemampuan pelajar dalam menyikapi kondisi kebumian. ”Pelajaran hanya menyampaikan, misalnya, jenis batuan, jenis bentang alam, ataupun hasil tambang, tapi belum sampai pada apa yang bisa dilakukan dengan semua itu. Padahal, ini yang terpenting,” ucapnya.
Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Suyanto mengatakan, pihaknya telah mengetahui adanya sejumlah kekeliruan dalam buku pelajaran Geografi tersebut. Saat ini evaluasi dan upaya perbaikan tengah dilakukan. ”Apabila diperlukan, penarikan buku pelajaran yang memuat kesalahan materi akan dilakukan,” katanya. Namun, tindakan tersebut masih menunggu evaluasi. (IRE)

0 komentar:

Post a Comment

 
Free Host | new york lasik surgery | cpa website design