Sep 19, 2010

Materi 3 PPG Rombel 32014002

Seorang guru dituntut memahami dan mempersiapkan segala kebutuhan yang berkaitan dengan pembelajaran. Untuk itu guru dituntut mampu melaksanakan analisis kebutuhan dalam pembelajaran. Bagaimana pendapat saudara? silahkan ditulis pada kolom komentar maksimal 7 baris paling lambat 22 September 2010. Jangan lupa sertakan nama dan account saudara. Adapun materi selengkapnya silahkan diklik di sini

57 komentar:

ernilestiya.blogspot.com said...

Nama : Erni Lestiyawati
NIM : 3201408041
Rombel : 02
Account: ernilestiya.blogspot.com

Saya sangat setuju dengan adanya perencanaan analisis kebutuhan pembelajaran karena diperlukan guru untuk membantu kelancaran proses KBM dikelas. Dalam hal ini guru dituntut harus tahu informasi, karakteristik siswa didik, menentukan metode dan pengumpulan data, kebutuhan akademis dan non akademis.

netti.blogspot.com said...

Nama: Netti Liana Dewi
NIM: 3201408089
Rombel:02
Account:nettiliana.blogspot.com

Guru dituntut untuk mampu melaksanakan analisis kebutuhan dalam pembelajaran karena dalam pembelajaran itu dibutuhakan 7langkah analisis kebutuhan yang sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran.Dan salah satunya identifikasi karakteristik siswa dalam menerima proses pembelajaran tersebut.

muh.abror said...

Nama : Muhammad Abror
NIM : 3201408035
Rombel : 2
account : muhabror.blogspot.com

Saya setuju karena pada dasarnya perencanaan analisis kebutuhan pembelajaran merupakan upaya untuk mengidentifikasi sejauh mana proses pembelajaran tersebut berjalan sesuai rencana. Melalui 7 tahapan tersebut, diharapkan seorang guru mampu mengidentifikasi keberhasilan proses pembelajaran yang diterapkan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

amita asih said...

Nama : AMITA ASIH ARDIYANTI
Nim : 3201408026
Rombel : 2
account : amitaasih.blogspot.com

Menurut pendapat saya, dengan adanya perencanaan analisis kebutuhan pembelajaran saya setuju karena hal tersebut dapat membantu guru dan siswa dalam meningkatkan pembelajaran di kelas. Dan guru harus mengetahui informasi dan memahami karakteristik peserta didiknya.

kahfiani said...

Kahfiani Irdoka (3201408010)
acoount : irdokafilofa.blogspot.com
tentu saja..jika seorang guru tida mampu melaksanakan analisis kebutuhan dalam pembelajaran bagaimana guru bisa mengajar dengan baik..??

eka anjar said...

Nama : Eka Anjar Sari
NIM : 3201408047
account : ekaanjar.blogspot.com

Dengan adanya perencanaan analisis kebutuhan pembelajaran tentu saja sangat membantu guru dalam proses pembelajaran, sehingga pembelajaran akan berjalan lebih baik dan maksimal sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.

tahmeth.blogspot.com said...

nama : Tahmid Fitrianto
NIM : 3201408054

analisis kebutuhan pembelajaran memang perlu dilakukan oleh seorang guru, namun untuk melakukan analisis yang akurat, tepat secara efektif mungkin sulit dilakukan oleh semua guru.oleh karena itu pelatihan analisis seharusnya dilakukan sejak dibangku kuliah.

Dwi Irmawati said...

Nama : Dwi Irmawati
NIM : 3201408016
Rombel : 02
account : dwiirmageo.blogspot.com

adanya analisis kebutuhan pembelajaran sangat bermanfaat bagi guru agar proses pembelajaran lancar sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Dengan melaksanakan 7tahapan tersebut, dapat membantu guru dalam proses KBM di kelas.

oLieana said...

Nama : Oliana Eki S
Nim : 3201408012
accuont : olidinofia.blogspot.com

Perencanaan analisis kebutuhan pembelajaran sangat dibutuhkan karena dapat membantu guru dan siswa dalam meningkatkan pembelajaran di kelas.
Guru juga dituntut harus mengetahui informasi, karakteristik siswa, menentukan metode dan pengumpulan data.

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Anisa Chairina (NIM. 3201408034)
Account : Anisa.chairina.blogspot.com

Pada sebuah kelompok atau kelas pembelajaran tentunya terdapat perbedaan karakteristik tiap peserta didik, karenanya sangat diperlukan kemampuan guru dalam menganalisis kebutuhan pembelajaran. Namun sayangnya, belum sepenuhnya dapat dilaksanakan oleh guru-guru di Indonesia pada saat ini.

witra riyanita said...

Nama : Witra Riyanita
NIM : 3201408028
Rombel : 01
Account : riyanitawitra.blogspot.com

mampu menganalisis kebutuhan pembelajaran sangat penting, karena guru harus mampu membantu siswa dalam mencapai kompetensi pembelajaran yang ditetapkan, dalam hal ini guru diharapkan dapat melakukan perencanaan pembelajaran yang sistematis, serta dapat menentukan strategi pembelajaran yang kondusif.

Anonymous said...

Nama : Sisna yuliana DUP
NIM : 3201408048
account : jurnalgeografiku.blogspot.com
rombel ; 02

Perencanaan analisis kebutuhan dalam pembelajaran perlu dilakukan oleh seorang pendidik untuk mempersiapkan proses belajar mengajar.
maka perlunya penguasaan seorang pendidik dalam menyusun analisis kebutuhan.

SARI said...

Nama : Apriani Yunita P.
NIM : 3201408069
Rombel : 02
Account : purwita-sari.blogspot.com

Menganalisis kemampuan diri sendiri (sebagai pendidik), siswa, serta materi yang sesuai dengan SK-KD tentu menjadi faktor penting dalam sebuah pembelajaran.
Kesadaran seorang pendidik untuk menganalisis, menjadi awal pelaksanaan pendidikan yang berkualitas.
Amin...

lily said...

Lili setiakawan
3201408068
rombel :02
account : lily-zone.blogspot.com

semua pendidik diharapkan mampu menganalisis kebutuhan pembelajaran agar materi pembelajaran dapat tersusun dan terlaksana sesuai dengan SK-KD dan tujuan pembelajaran.

Bintu Salim said...

Nama : Yuni Izzati W.
NIM : 3201408083
Rombel : 02
Account : yuni-izzati.blogspot.com

Setiap guru perlu memahami dan mempersiapkan kebutuhan dalam pembelajaran karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap transformasi pengetahuan dari guru ke siswa. Semakin matangnya persiapan dan tingkat pemahaman, semakin tinggi pula transformasi yang terjadi.

Karina Nugraheni said...
This comment has been removed by the author.
Karina Nugraheni said...

NAMA : KARINA NUGRAHENI
NIM : 3201408014
ROMBEL : 2
ACCOUNT : karinanugraheni.blogspot.com

Saya sangat setuju terhadap adanya analisis kebutuhan dalam pembelajaran, dan menurut saya hal ini sangat penting karena dengan adanya hal tersebut seorang guru dapat mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh siswa, dengan begitu proses pembelajaran akan berlangsung optimal dan berakhir pada ketercapaian tujuan pembelajaran.

khusnatul_jannah said...

nama : khusnatul jannah
nim :3201408075
rombel : 02

setiap pendidik memang harus mampu menguasai analisis kebutuhan, supaya dalam kegiatan kbm dapat berjalan lancar sehingga tujuan dari pembelajaran itu dapat tercapai sesuai SK, KD.

imaniar smara said...
This comment has been removed by the author.
Erlina Widyaningtyas said...

nama :erlina widyaningtyas
nim :3201407071
rombel : 2
account :erlinawidya.blogspot.com

Saya setuju adanya analisis kebutuhan dalam pembelajaran,karena dalam hal ini guru dituntut harus tahu informasi, karakteristik siswa didik, menentukan metode dan pengumpulan data, kebutuhan akademis dan non akademis.maka dari itu analisis dalam pembelajaran itu penting.

smaradhana said...

NAMA:ISMI IMANIAR SMARA
NIM: 3201408066
ROMBEL:02
ACCOUNT: ismigeo.blogspot.com

Menurut saya perencanaan analisis kebutuhan dalam pembelajaran perlu dilakukan oleh guru agar kegiatan KBM yang akan berlangsung dapat lebih matang dan hasilnya lebih optimal.

rosana said...

NAMA: ROSA SEPSITA WIYATRI
NIM: 3201408018
ROMBEL: 2
ACCOUNT: rosasepsita.blogspot.com

Menurut saya perencanaan analisis pembelajaran wajib dilakukan seorang guru. Karena selain membantu kelancaran proses KBM hal tersebut juga membantu dalam usaha pencapaian tujuan kompetensi sebagai tujuan awal proses pembelajaran.

Niken Luluk Cahyani said...

nama : niken luluk cahyani
nim : 3201408065
rombel :2
account :nikenluluk.blogspot.com

saya setuju dengan perencanaan analisis pembelajaran,karena guru yang profesional adalah guru yang dapat mempersiapkan segala kebutuhan yang berkaitan dengan pembelajaran.

miuty nurcahya said...

Nama : Miti Nurcahyanti
Nim : 3201408072
Rombel : 2
Account : www.mittynurcahya.blogspot.com

setuju,karena dengan adanya itu maka proses pembelajaran akan lebih optimal,krn pendidik sudah mempersiapkan &menguasai materi yg akan disampaikan dan juga sarana prasarana penunjang kegiatan belajar memadai,&terciptanya kenyamanan berserta kelancaran dalam kegiatan KBM dikelas

fandiyusuf said...
This comment has been removed by the author.
fandiyusuf said...

nama: fandi yusuf
nim: 3201408043
rombel: 2
account: www.fandiyusuf.blogspot.com




analisis kebutuhan pembelajaran memang sangat dibutuhkan seorang pendidik.karena seorang pendidik yg profesional harus tahu apa yg akan disampaikan kepada peserta didik.agar hasil dari kbm bisa lebih optimal

kiki cinta ibunda said...

NAMA : YAN RIZKI OKTEFIANI
NIM :3201408013
ROMBEL : 2

Bagi seorang pendidik dalam menganalisis kebutuhan pembelajaran sangat dibutuhkan karena seorang pendidik atau guru harus lebih mempersiapkan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar di kelas sehingga proses kegiatan belajar mengajar dapat mencapai indikator atau tujuan yang di inginkan

kukuh said...

kukuh prasetiyo jati(3201408032)
kukuh_psht.blogspot.com

Sebagai petunjuk arah kegiatan dalam mencapai tujuan pembelajaran yang dilakukan,Sebagai pola dasar dalam mengatur tugas dan wewenang bagi setiap unsur yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran,Sebagai pedoman kerja bagi setiap unsur, baik guru maupun murid,Sebagai alat ukur keefektifan suatu proses pembelajaran sehingga setiap saat dapat diketahui ketepatan dan kelambanan kerja

nellyPotter said...

Nama : Nelly Susanti
NIM : 3201408011
Rombel : 2

Saya setuju dengan perencanaan analisis pembelajaran,karena membantu kelancaran proses KBM dan juga membantu dalam usaha pencapaian tujuan kompetensi sebagai tujuan awal proses pembelajaran.

Unknown said...

Nama : Aulia Janatan
NIM : 3201408081
Rombel : 2
Account : nathanaulia.blogspot.com

Saya setuju dengan adanya perencanaan analisis kebutuhan pembelajaran karena diperlukan guru untuk membantu kelancaran proses KBM di kelas. Sehingga pembelajaran akan berjalan lebih baik dan maksimal sesuai dengan tujuan.

kazekage7th said...

nama : tomy ardian
nim : 3201408003
prodi : pend. geografi
rombel : 02
saya aetuju dengan adanya perencanaan analisis kebutuhan pembelajaran agar guru dapat malaksanakan pembelajaran secara optimal dan tepat serta tujuan pembelajaran dapat tercapai.

axlyanuar said...

Nama : Gigih Yanuar W
NIM : 3201408023
rmbl : 02

setuju, karena dengan diawali melaksanakan analisis kebutuhan dalam pembelajaran maka seorang guru dalam proses PBM akan berjalan dengan baik dan hasil yang maksimal.

Anonymous said...

Nama : Arista Noviyanto
Nim : 3201408070
rmbl :02

seorang guru memang harus bisa melaksanakan analisis kebutuhan pembelajaran agar dalam setiap kegiatan pembelajaran bisa sesuai dengan tujuan yang akan di capai dan tidak sia-sia dalam proses mengajar dan hasilnya optimal

aryan.blogspot.com said...

Nama: Yudi Aryanto
NIM : 3201408073
Rombel: 02


Tentu itu wajib dimiliki oleh guru sbg seorang pendidik demi keefektifan kegiatan pembelajaran.
Dengan 7 tahapan itu, seorang guru diharapkan mampu mengidentifikasi keberhasilan proses pembelajaran yang diterapkan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

arifana eka said...

Nama : Ari Fana Eka Hastuti
Nim 3201408090
Rombel 02

memang perlu diadakan perencanaan segala kebutuhan yang berkaitan dalam pembelajaran,untuk memperlancar jalannya pembelajaran dan tercapainya tujuan yang efektif dan efisien.Maka wajiblah seorang guru memahami analisis kebutuhan dalam pembelajaran sesuai dengan tahap-tahapnya.

Ika Budhi said...

Nama : IKA BUDHI H
NIM : 3201408064
Rombel: 02

setuju, sebagai guru wajib memahami analisis kebutuhan dalam pembelajaran sesuai dengan kebutuhan, agar memenuhi kebutuhan yang berkaitan dalam pembelajaran dan tercapainya tujuan belajar.

rohmad said...

Nama : Abdul Rohmad
NIM : 3201408045
Rombel: 02

Saya sangat setuju bahwa seorang guru harus mampu memahami anlisis kebutuhan pembelajaran harus sesuai kebutuhan,sehingga tujuan pembelajaran dapat berjalan dengan lancar.

nur cahyo wibowo said...

nurcahyowibowo.blogspot.com

Nur cahyo wibowo

Sangat setuju. Seorang guru profesional adalah guru yang menguasai dan menganalis materi dan keadaan yang ada. Dengan begitu tujuan dari pembelajaran akan tercapai dengan baik. Terima kasih

ami f. said...

Nama : Ami Fatwayani
NIM : 3201408092
Rombel: 02

Memang dalam menyampaikan suatu pembelajaran,seorang guru harus mempersiapkannya terlebih dahulu agar tercapai hasil yang maksimal.

Gingga_Elfiky said...

dalam proses pembelajaran, diharapkan mampu mencapai tujuan dari pembelajaran tersebut, dengan memahami dan menganalisis kebutuhan pembelajaran sangat menunjang tercapainya tujuan pembelajaran tersebut, jadi hal tersebut sangatlah penting baik itu bagi seorang guru maupun peserta didik sendiri.

satriabersarung said...

Nama: irmawan
Nim :3201408074
rombel: 02
account:satriabersarung.blogspot.com

Dengan melaksanakan analisis kebutuhan dalam pembelajaran, guru mampu untuk menyesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan. Apabila hal itu dilakukan, maka tujuan tercapai dengan maksimal.

Liya Amaliya Zulfa said...

nama: liya amaliya zulfa
nim :3201406052
rombel:02
Desain pembelajaran/Analisis kebutuhan dalam pmbelajaran dimulai dengan identifikasi masalah pembelajaran. Analisa kebutuhan adalah cara yang efektif untuk mengidentifiaski masalah-masalah yang muncul dalam sebuah organisasi pembelajaran, terutama bila perancangannya atau dalm mendesain pembelajaranyya tidak begitu akurat. Analisa kebutuhan dapat mengidentifikasi enam jenis kebutuhan; normative, comparative, felt, expressed, autisipated and critical accident. Untuk mencapai tujuan pembelajaran, saya rasa penting seorang guru harus menganalisis kebutuhan pembeajaran.

Anonymous said...

Ibrahim k
Perencanaan analisis kebutuhan pembelajaran akan memberikan efek efisiensi dan efektifitas guru dalam pengajaran untuk mencapai tujuan pendidikan

dewi said...

nama: dewi uswatun.k
nim :3201408063
rombel:02
saya sangat setuju jika guru dituntut memahami dan mempersiapkan segala kebutuhan yang berkaitan dengan pembelajaran agar guru tidak canggung dalam kegiatan belajar mengajar...

bambang tri wahyudi said...

NAMA : BAMBANG TRI WAHYUDI
NIM : 3201408006
ROMBEL : 2
ACCOUNT : wwwbambangtriwahyudi.blogspot.com

Menurut pendapat saya, dengan adanya perencanaan analisis kebutuhan pembelajaran tersebut dapat membantu guru dan siswa dalam meningkatkan pembelajaran di kelas. Dan guru harus mengetahui informasi dan memahami karakteristik peserta didiknya, Saya sangat setuju akan hal tersebut.

aris nur rohman said...

Nama: aris nur rohman
NIM : 3201408005
Rombel: 02

Tentu itu wajib dimiliki oleh guru sbg seorang pendidik demi keefektifan kegiatan pembelajaran.
Dengan 7 tahapan itu, seorang guru diharapkan mampu mengidentifikasi keberhasilan proses pembelajaran yang diterapkan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

agusarifin said...

nama : agus arifin
nim : 3201408015
rombel :2
account: www.agusarifin97.blogspot.com



Saya setuju karena pada dasarnya perencanaan analisis kebutuhan pembelajaran merupakan upaya untuk mengidentifikasi sejauh mana proses pembelajaran itu berjalan namun untuk melakukan analisis yang akurat, tepat secara efektif mungkin sulit dilakukan oleh semua guru.oleh karena itu pelatihan analisis seharusnya dilakukan sejak dibangku kuliah.

nuphyaR said...

NAMA: NOVIYANA R
NIM: 3201408037
ROMBEL; 2
account: nuphyar.blogspot.com

saya setuju dengan adanya perencanaan pembelajaran tersebut,dalam hal ini keprofesionalan guru sangat di perlukan agar tercapai pembelajaran yang efektif bagi peserta didik.perencanaan analisis harus dikuasai guru secara keseluruhan supaya didapatkan hasil yang optimal.

Dian khoirun niam said...

Saya sangat setuju dengan adanya perencanaan analisis kebutuhan pembelajaran, karena seorang guru harus mampu memahami materi dan mempersiapkan segala kebutuhan yang berkaitan dengan pembelajaran,supaya proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik.
nama: Dian khoirun niam
nim: 3201406568
rombel: 2
account: http://diankhoir.blogspot.com

Anonymous said...

Nama :Alif Nursholeh
Nim :3250408061

Dari pembahasan kelompok 1 pada hari senin tanggal 20 september 2010 tentang konsep dasar sistem sosial,nilai, dan norma sosial.Bahwa masyarakat mempunyai pedoman nilai dan norma dalam kehidapannya. Untuk bersosialisasi,dan dengan adanya nilai dan norma masyarakat akan lebih tertib.

Luluk CU said...

NAMA: LULUK CIPTO UTOMO
NIM: 3201406550
ROMBEL; 2
account: lulukcu.blogspot.com
saya setuju dengan adanya perencanaan pembelajaran tersebut,dalam hal ini keprofesionalme guru dapat lebih baik karena dalam belajar mengajar guru bisa lebih aktif dan siswa bisa menambah pengetahuan yang lebih baik karena sang guru sudah dibekali dengan perencanaan yang matang, dan sesuai harapan

Widodo said...

NAMA:Agung Widodo Isnaeni
NIM:3201408059
ROMBEL:02
Seorang guru memang harus melakukan analisis kebutuhan pembelajaran guna mengetahui karakteristik peserta didik,metode,serta strategi pembelajaran agar memperoleh hasil pembelajaran yang maksimal

shintya wijaya said...

NAMA : SHINTYA WIJAYATI SETIANINGSIH
NIM : 3201408019
ROMBEL : 02

Tujuan akhir pembelajaran adalah siswa dapat mencapai kompetensi-kompetensi yang telah ditentukan, sehingga guru harus mampu menganalisis segala hal yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran serta menggunakan metode-metode yang tepat dalam proses pembelajaran serta.

Muhamad Nur Kholiq said...

Nama : Muhamad Nur Kholiq
NIM : 3201408060
Account : www.kholiq-orator.blogspot.com

Guna mencapai pembelajaran efektif, seyogyanya guru yang capable dan profesional, memang harus memiliki kapasitas yang demikian tadi, karena tidak dipungkiri bahwa penguasaan analisis kebutuhan dalam pembelajaran merupakan bagian dari rekayasa pembelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran itu Sendiri.

Dicky and Friends said...

Analisa kebutuhan adalah cara yang efektif untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang muncul dalam sebuah organisasi pembelajaran, terutama bila perancangannya atau dalam mendesain pembelajaranya tidak begitu akurat. saya setuju dengan adanya perencanaan analisis kebutuhan pembelajaran agar guru dapat malaksanakan pembelajaran secara optimal dan tepat serta tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Nama : Dicky Anjar Asmara
NIM : 3201406562
Rombel : 2
account : http://dickyblognyaremaja.blogspot.com/

sudharmono said...

Nama :SUDHARMONO
Nim :3201408033
Rombel:32014002

setiap siswa punya kemampuan yang beragam.oleh karena itu perlu analisis kebutuhan belajar.dengan analisis kebutuhan belajar tersebut seorang guru diharapkan mampu mengidentifikasi keberhasilan proses pembelajaran yang diterapkan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Post a Comment

 
Free Host | new york lasik surgery | cpa website design