May 25, 2010

Status dan Stratifikasi Sosial

Dalam lingkungan masyarakat kita melihat bahwa ada pembeda-bedaan yang berlaku dan diterima secara luas oleh masyarakat. Di sekitar kita ada orang yang menempati jabatan tinggi seperti gubernur dan wali kota dan jabatan rendah seperti camat dan lurah. Di sekolah ada kepala sekolah dan ada staf sekolah. Di RT atau RW kita ada orang kaya, orang biasa saja dan ada orang miskin. Secara global, kita juga mudah mendapatkan informasi tentang adanya daerah-daerah yang kaya, atau negara-negara maju dan negara miskin. Ketidaksamaan dalam masyarakat tersebut disebabkan oleh 2 hal, yaitu
  • Sumber daya alam yang tersedia tidak sama di semua tempat
  • Kemampuan manusia tidak sama

Perbedaan itu tidak hanya muncul dari sisi jabatan tanggung jawab sosial saja, namun juga terjadi akibat perbedaan ciri fisik, keyakinan dan lain-lain. Perbedaan ras, suku, agama, pendidikan, jenis kelamin, usia atau umur, kemampuan, tinggi badan, cakep jelek, dan lain sebagainya juga membedakan manusia yang satu dengan yang lain.
Beragamnya orang yang ada di suatu lingkungan akan memunculkan stratifikasi sosial (pengkelas-kelasan) atau diferensiasi sosial (pembeda-bedaan).

Arti Definisi / Pengertian Status Sosial
Status sosial adalah sekumpulan hak dan kewajian yang dimiliki seseorang dalam masyarakatnya (menurut Ralph Linton). Orang yang memiliki status sosial yang tinggi akan ditempatkan lebih tinggi dalam struktur masyarakat dibandingkan dengan orang yang status sosialnya rendah.

Arti Definisi / Pengertian Kelas Sosial
Kelas sosial adalah stratifikasi sosial menurut ekonomi (menurut Barger). Ekonomi dalam hal ini cukup luas yaitu meliputi juga sisi pendidikan dan pekerjaan karena pendidikan dan pekerjaan seseorang pada zaman sekarang sangat mempengaruhi kekayaan/ perekonomian individu.

Arti Definisi / Pengertian Stratifikasi Sosial
Stratifikasi sosial adalah pengkelasan/ penggolongan/ pembagian masyarakat secara vertikal atau atas bawah. Contohnya seperti struktur organisasi perusahaan di mana direktur berada pada strata/ tingkatan yang jauh lebih tinggi daripada struktur mandor atau supervisor di perusahaan tersebut.
Menurut Pitirin A. Sorokin, stratifikasi sosial adalah Pembedaan penduduk atau masyarakat kedalam kelas-kelas secara bertingkat, dimana perwujudannya adalah lapisan-lapisan atau kelas-kelas tinggi, sedang, dan kelas rendah.
Dasar atau ini terjadinya kelas-kelas sosial di dalam masyarakat adalah:
  • Tidak ada keseimbangan dalam pembagian hak-hak dan kewajiban-kewajiban
  • Kurang terpenuhinya kebutuhan daripada manusia
  • Adanya kekuatan-kekuatan sosial dan pengaruhnya diantara anggota masyarakat
 Sumber stratifikasi sosial adalah keturunan, kekuasaan, dan kekayaan

Arti Definisi/ Pengertian Diferensiasi Sosial
Diferensiasi sosial adalah pengkelasan/ penggolongan/ pembagian masyarakat secara horisontal atau sejajar. Contohnya seperti pembedaan agama di mana orang yang beragama islam tingkatannya sama dengan pemeluk agama lain seperti agama konghucu, budha, hindu, katolik dan kristen protestan.

Macam-Macam/ Jenis-Jenis Status Sosial
  1. Ascribed Status.Ascribed status adalah tipe status yang didapat sejak lahir seperti jenis kelamin, ras, kasta, golongan, keturunan, suku, usia, dan lain sebagainya.
  2. Achieved Status.Achieved status adalah status sosial yang didapat sesorang karena kerja keras dan usaha yang dilakukannya. Contoh achieved status yaitu seperti harta kekayaan, tingkat pendidikan, pekerjaan, dll.
  3. Assigned Status.Assigned status adalah status sosial yang diperoleh seseorang di dalam lingkungan masyarakat yang bukan didapat sejak lahir tetapi diberikan karena usaha dan kepercayaan masyarakat. Contohnya seperti seseorang yang dijadikan kepala suku, ketua adat, sesepuh, dan sebagainya.

Macam-Macam/ Jenis-Jenis Stratifikasi Sosial
  1. Stratifikasi Sosial Tertutup.Stratifikasi tertutup adalah stratifikasi di mana tiap-tiap anggota masyarakat tersebut tidak dapat pindah ke strata atau tingkatan sosial yang lebih tinggi atau lebih rendah.Contoh stratifikasi sosial tertutup yaitu seperti sistem kasta di India dan Bali serta di Jawa ada golongan darah biru dan golongan rakyat biasa. Tidak mungkin anak keturunan orang biasa seperti petani miskin bisa menjadi keturunan ningrat/ bangsawan darah biru.
  2. Stratifikasi Sosial Terbuka.Stratifikasi sosial terbuka adalah sistem stratifikasi di mana setiap anggota masyarakatnya dapat berpindah-pindah dari satu strata/ tingkatan yang satu ke tingkatan yang lain.Misalnya seperti tingkat pendidikan, kekayaan, jabatan, kekuasaan dan sebagainya. Seseorang yang tadinya miskin dan bodoh bisa merubah penampilan serta strata sosialnya menjadi lebih tinggi karena berupaya sekuat tenaga untuk mengubah diri menjadi lebih baik dengan sekolah, kuliah, kursus dan menguasai banyak keterampilan sehingga dia mendapatkan pekerjaan tingkat tinggi dengan bayaran/ penghasilan yang tinggi.
Perlunya Sistem Perlapisan Masyarakat
Perlapisan yang ada dalam masyarakat yang bersifat terbuka terjadi karena:
  1. Rekayasa, misalnya ada eselon yang membedakan tugas dan wewenang, hak, dan kewajiban.
  2. Perbedaan kesukaran dari masing-masing pekerjaan atau sesuatu hal, misalnya adanya pemimpin, karyawan, dll.
  3. Perbedaan kepentingan (tanggungjawab) dari masing-masing pekerjaan, hal ini dapat menimbulkan kedudukan jabatan tinggi, menengah, dan rendah.
Adanya perlapisan sosial terbuka di dalam masyarakat dapat mendorong terjadinya mobilitas sosial, yaitu pergerakan status sosial seseorang dari status tertentu ke ststus yang lain. Mobilitas juga bisa terjadi pada kelompok tertentu atau negara.
Perlapisan terbuka juga mendorong munculnya kelompok-kelompok sebagai identitas suatu status masyarakat tertentu, termasuk kelompok-kelompok negara.

34 komentar:

rezza_item said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anisa Wahyu Kurniati said...

Nama : Anisa Wahyu Kurniati
NIM : 3201409032

Adanya Stratifikasi Sosial merupakan wujud dari fenomena sosial yang terjadi di Indonesia dengan Masyarakat kita yang Multikultural dan Homogenitas sebagai dasar Pluralitas. Stratifikasi sosial lahir karena dasar sifat manusia itu sendiri yang selalu ingin memperbaiki hidupnya dengan mencari atau mengejar sesuatu yang lebih baik atau terkadang kita menyebut itu sebagi prestasi, seperti halnya, ilmu, kekayaan, posisi, penghormatan, dan lain sebagainya.

sjoekoer said...

nama : Muhammad Syukur
nim : 32001409096
prodi: pendidikan geografi
Bahwa Stratifikasi Sosial akan selalu ada di dalam masyarakat dalam berbagai hal.Stratifikasi Sosial dapat diakibatkan oleh berbagai faktor.Diantaranya adalah terkait dengan kekayaan yang dimiliki,adanya tingkat yang pendidikan yang bertingkat, adanya konsep kehormatan seperti adanya tokoh adat di suatu tempat, ataupun faktor biologis seperti umur, jenis kelamin, keturunan.

kevin said...

nama : Kevin C.A.S
nim : 32001409037
prodi: pendidikan geografi

Stratifikasi sosial adalah bukti bahwa masyarakat indonesia multikultural.
kebaikan dari sistem ini adalah membuat motivasi untuk dapat menaikkan tingkatan sosialnya

Sri Nata Saputri said...

Nama : SRI NATA SAPUTRI
NIM : 3201409051
Prodi : Pend. Geografi

Stratifikasi sosial adalah pengelompokan atau pengolangan masyarakat secara vertikal dari atas ke bawah.
sistem stratifikasi akan selalu ada di dalam kelompok masyarakat. Hal ini karena di dalam kelompok masyarakat terdapat perbedaan yang mencakup perbadaan ras, status sosial, ataupun tingkat pendidikan.
Di dalam masyarakat stratifikasi dapat memberi variasi dalam hal hak dan kewajiban setiap orang. Misalnya, di suatu organisasi harus ada pembagian jabatan yang mempunyai tugas dan wewenang yang berbeda antar anggota. sehingga organisasi tersebut berjalan dengan baik.

Unknown said...

miftahul kamal
3201407072
pend.geografi

respon tentang perbedaan status sosial tersebut merupakan wujud dari pemahaman setiap individu akan arti penting dari perbedaan hak dan kwajiban dari setiap individu. setiap individu tidak dapat memaksakan kehendaknya.mereka harus sadar akan kemampuan mereka masing-masing sehingga akan tercipta suasana yang aman,tenteram dan damai. jika setiap individu sadar akan hak dan kwajiban mereka masing-masing bukan tidak mungkin suasana tersebut akan tercipta karena tidak ada individu yang saling menyalahkan.

ME_RIEN said...

NAMA : MERIENA MUSTIKANING KUSSUSILO
NIM : 3201409063

Stratifikasi sosial dan diferensiasi sosial memiliki pengertian yang berbeda. Stratifikasi sosial merupakan pelapisan sosial secara vertikal yang ada di masyarakat. Sedang diferensiasi sosial merupakan pelapisan sosial secara horizontal di masyarakat. Pada stratifikasi sosial masyarakat sulit bahkan tidak dapat menembus lapisan lainnya. Atau bersifat tertutup. Dan sudah ditentukan oleh faktor keturunan. Sedang diferensiasi sosial bersifat terbuka. Diperlukan usaha untuk mencapai status sosial. Masyarakat yang satu dapat menembus lapisan lainnya.

Brahmantya Blog said...

NAMA : Brahmantya Himawan
NIM : 3201409072
PRODI: pEND.gEOGRAFI

staratifikasi adalah perbedaan yang akan selalu ada dalam masyarakat dan ini sangat baik sebagai motivasi untuk mendorong manusia mencapai tingkatan yang diininkanya,,,dan hal ini akan selalu ada karena ini adala akibat dari sifat manusia yang selalu mencari lebih/sempurna...

Kurniawan P.A. said...

nama : kurniawan P.A.
NIM : 3201409040

stratifikasi sosial :pembagian masyarakat secara vertikal atau atas bawah.
diferensiasi sosial : pembagian masyarakat secara horisontal atau sejajar.

Sukmawati_Anif said...

Nama :Anif Sukmawati
Prodi: Pend.Geografi/ rombel 2
NIM : 3201409086
Stratifikasi sosial dan diferensiasi sosial memiliki pengertian yang berbeda. Stratifikasi sosial merupakan pelapisan sosial secara vertikal yang ada di masyarakat. Sedang diferensiasi sosial merupakan pelapisan sosial secara horizontal di masyarakat. stratifikasi sosial akan selalu ada di dalam amsyarakat karena keadaan dari penduduk yang tidak bisa sama rata atau multikultural. Stratifikasi ada bukan untuk saling menjatuhkan antar individu dalam masyarakat tapi justru memberi khasanah bagi masyarakat agara mampu bertanggungjawab dan adil dalam menjalankan fungsi dan kewajiban dan hak nya masing2.

asih said...

kurniasih
3201409033
pend. geografi
status sosial, stratifikasi dan diferensiasi sosial timbul sebagai akibat dari adanya ketrekaitan dan ketergantungan antara setiap individu. dalam kehidupan bermasyarakat adanya tingkatan golongan rendah sampai tinggi, tapi dilihat dari segi lain ada diferensiasi antar agama misal, dan dalam kehidupan pribadi setiap individu sendiri ada status sosial, misal sebagai kepala rumah tangga dan di luar bisa sebagai pendidik yaitu seorang guru.

vitaa said...

Nama : Vita Nandiasari
NIM : 3201409044

Dalam lingkungan masyarakat kita melihat bahwa ada pembeda-bedaan yang berlaku dan diterima secara luas oleh masyarakat. Perbedaan itu tidak hanya muncul dari sisi jabatan tanggung jawab sosial saja, namun juga terjadi akibat perbedaan ciri fisik, keyakinan dan lain-lain. Perbedaan ras, suku, agama, pendidikan, jenis kelamin, usia atau umur, kemampuan, tinggi badan, cakep jelek, dan lain sebagainya juga membedakan manusia yang satu dengan yang lain.
Beragamnya orang yang ada di suatu lingkungan akan memunculkan stratifikasi sosial (pengkelas-kelasan) atau diferensiasi sosial (pembeda-bedaan).

firdaus al haq said...

Nama : Firdaus Al Haq
Nim : 3201409031

Stratifikasi sosial digunakan untuk menunjukan ketidaksamaan dalam masyarakat. hal ini merupakan pembedaan masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat.kriteria yang menonjol atau dominan sebagai dasar pembentukan pelapisan sosial antara lain: 1.Ukuran kekayaan 2.Ukuran kekuasaan dan wewenang 3.Ukuran kehormatan 4.Ukuran ilmu pengetahuan

Unknown said...

nama : Ambar Tri Hutami
NIM : 3201409029

Menurut saya, adanya stratifikasi sosial di masyarakat menunjukkan bahwa terjadi keanekaragaman masyarakat Indonesia. dalam hal ini stratifikasi sosial dibedakan menurut tingkatan-tingkatan tertentu, misalnya berdasarkan atas kekayaan, kekuasaan dan pendidikan dan akhirnya bisa membentuk kelas-kelas seperti adanya kasta di Bali:)

Unknown said...

stratifikasi sosial di Indonesia terjadi karena keanekaragaman masyarakat baik dari suku, ras, agama,pendidikan, jenis kelamin, golongan, dan lain sebagainya sehingga membetuk perbedaan-perbedaan tertentu dalam masyarakat atau srtatifikasi sosial.

Unknown said...

nama: teguh afriyadi
nim: 3201409087

stratifikasi sosial di Indonesia terjadi karena keanekaragaman masyarakat baik dari suku, ras, agama,pendidikan, jenis kelamin, golongan, dan lain sebagainya sehingga membetuk perbedaan-perbedaan tertentu dalam masyarakat atau srtatifikasi sosial.

geograffitty said...

NAMA : DEASY R.S
NIM : 3201409054
Prodi : pend.geo
Stratifikasi sosiL akan selalu ada ,selama tiap individu mempunyai suatu yang dihargai oleh orang lain. Dan sesuatu itu di anggap istimewa pda tiap orang dan didukung oleh status sosial tiap individu.

Arief said...

Nama : Arief Budiman
NIM : 3201409036

Stratifikasi sosial ini terbentuk karena adanya perbedaan antara kelompok atau individu.
Stratifikasi sosial dapat membedakan suatu kelas-kelas sosial.
dan dapat menimbulkan kesenjangan sosial yang berakibat sekulerisme.

Ashlih said...

NAMA : ASHLIH FITRIANI
NIM : 3201409049

Stratifikasi sosial yang ada di Indonesia merupakan gambaran yang menunjukan bahwa masyarakat Indonesia yang multikultural.
stratifikasi sosial merupakan sebuah konsep yang menunjukan adanya perbedaan dan atau pengelompokan suatu kelompok sosial (komunitas) secara bertingkat.

3 I< 4 Ph said...

NAMA:EKA PUJI HERYAWANTI
NIM: 3201409052

Stratifikasi sosial yang ada dimasyarakat khususnya di Indonesia,enunjukan bahwa bangsa Indoesia multikultural( banyak jenis dan ragam didalamnya.Stratifikasi ini menunjukan tentang tinggi rendahnya tingkat ekonomi suatu masyarakat yang dinilai dari ekonomi dan jabatan masyarakat iu sendiri dan di kelompokan berdasarkan kelas- kelas tertentu.seorang yang memiliki pangkat dan keadaan ekonomi yang tinggi akan ditempatkan dikelas yang tinggi begitu juga sebaliknya.

nur faizah said...

NAMA : NUR FAIZAH
NIM : 3201409061

Stratifikasi sosial adalah suatu tingkatan sosial yang terjadi di masyarakat baik itu secara vertikal ke atas maupun vertikal ke bawah.
Faktor stratifikasi sosial antara lain adalah pendidikan, usia, keturunan, jabatan.
macam-macam stratifikasi sosial ada 2 yaitu yang terbuka dan yang tertutup.

ana fauzia geo said...

Nama : ANA NUR FAUZIYAH
NIM : 3201409004
Prodi: Pend. Geografi

Stratifikasi sosial adalah penggolongan masyarakat secara vertikal sedangkan diferensiasi sosial adalah penggolongan masyarakat secara horisontal, dari keduanya dapat disimpulkan bahwa masyarakat Indonesia adalah masyarakat Multikultural. dan contoh di Indonesia yang menonjol adanya stratifikasi sosial adalah di Bali dengan adanya Kasta.

Sinta Selvi Windria said...

Nama : sinta Selvi Windrianingsih
NIM : 3201409024

Stratifikasi Sosial adalah dimensi vertikal dari struktur sosisl masyarakat, dalam artian melihat perbedaan masyarakat berdasarkan pelapisan yang ada, apakah berlapis-lapis secara vertikal, atau terbuka bahkan ada juga yang tertutup.

Bayu Wijayanto said...

NAMA : BAYU WIJAYANTO
NIM : 3201409079
kalau bicara tentang stratifikasi sosial dalam suatu masyarakat itu tidak lepas dari yang namanya diferensiasi atau perbedaan status dari masyarakat tersebut yang berlapis-lapis atau bertingkat.
stratifikasi sosial yang terdiri dari stratifikasi vertikal dan horisontal itu tergantung dari sudut pandang dan latar belakang masyarakat tersebut.

DiAnA_nonAno said...

Nama : Diana Indri Astuti
NIM : 3201409023

Stratifikasi sosial adalah pengelompokan atau pengolangan masyarakat secara vertikal dari atas ke bawah.
sistem stratifikasi akan selalu ada di dalam kelompok masyarakat. Hal ini karena di dalam kelompok masyarakat terdapat perbedaan yang mencakup perbadaan ras, status sosial, ataupun tingkat pendidikan.

Unknown said...

nama ;sri lestari
nim ;3201409038
sratifikasi sosial sifat pengelompokanya lebih ke tingkatan,contohnya sistem kasta
klo deferensiasi pengelompokannya lebih berdasarkan sifat yang baku (jd tidak ada kelompok A lebih tinggi dari kelompok B.contohnya berdasarkan agama ras)

taohid said...

Nama : Taohid agus pranoto
Nim : 3201409073
Stratifikasi sosial yang tidak dapat dipungkiri dalam kehidupan bermasyarakat dapat menimbulkan hal yang positif juga yang negatif.hal positifnya adalah memberikan motivasi kepada orang yang di strata bawah untuk maju/naik ke strata atas,tetapi hal negatifnya adalah ketika usaha itu diikuti dengan tidakan kriminal atau hal-hal yang tidak semestinya.

Retno Ristianingrum said...

Nama: RETNO RISTIANINGRUM
NIM : 3201409016

Stratifikasi sosial merupakan pembagian pada kelompok masyarakat secara vertikal maupun horisontal yang terjadi pada masyarakat yang multikutral..
stratifikasi sosial ada 2 yaitu stratifikasi sosial terbuka dan tertutup.

Unknown said...

nama : yuspika maharani
nim : 3201409090

stratifikasi sosial merupakan suatu penggolongan masyarakat secara bertingkat.sehingga dapat terbentuk seperti tingkatan tingkatan.contoh stratifikasi sosial antara lain dalam bidang ekonomi,pendidikan,profesi,keturunan dll.

Unknown said...

Nama: Mifta Nurjanah
NIM: 3201409082
Rombel 2
Stratifikasi sosial merupakan suatu pengelompokan masyarakat secara vertikal dari atas kebawah.Dengan adanya statifikasi sosial maka terjadi perbedaan masyarakat secara bertingkat seperti tingkat pendidikan,ekonomi,pekerjaan,ras ataupun status sosialnya.agar masyarakat dapat naik ke tingkatan lebih tinggi,maka memerlukan usaha agar dapat menjadi lebih baik.

De sogol said...

alif purwoko
3201409064
Stratifikasi sosial yang ada dimasyarakat khususnya di Indonesia,menunjukan bahwa Indonesia merupakan bangsa multikultural. ada akibat positif maupun akibat negatifnya masing-masing.

Geografiana said...

nama : rifki yusuf
nim : 3201409034

stratifikasi sosial terbentuk akibat dari ada nya masyarakat yang multikultural,menunjukan bahwa ada nya perbedaan kelas dalam masyarakat.

taufan said...

Ahmad Taufan AP
3201409055

Adanya Stratifikasi Sosial merupakan wujud dari fenomena sosial yang terjadi di Indonesia dengan Masyarakat kita yang Multikultural dan Homogenitas sebagai dasar Pluralitas. Stratifikasi sosial lahir karena adanya dasar sifat manusia itu sendiri yang selalu ingin memperbaiki hidupnya dengan mencari atau mengejar sesuatu yang lebih baik atau terkadang kita menyebut itu sebagi prestasi untuk mencapai tujuan, seperti : ilmu, kekayaan, posisi, penghormatan, jabatan, kepopuleran, dsb.

ika_np said...

Ika Novitavya P (3201409048)
pilkada di indonesia belum berjalan baik, belum mencerminkan demokrasi yang sebenarnya. Banyak parpol yang mengusung calonnya dengan kecurangan politik ataupun memonopoli politik. Solusinya adalah perlu adanya pengetahuan yang lebih mengenai politik dan hukum yang dapat menunjang terlaksananya demokrasi di Indonesia.

Post a Comment

 
Free Host | new york lasik surgery | cpa website design